Teach Write Learn

 


Number One di VCT Batch 4 Jabar 5.2
Alhamdulillah Saya Selesaikan Tugas Pertama lhoh!
(Oleh : Maulina Ismaya Dewi, S.Pd)
Kota Sukabumi 16 Juli 2019

Sebuah euforia penuh semangat. Dan bukan sebuah kesombongan, namun hanya untuk memotivasi teman-teman guru yang lain tentang pelatihan VCT. Dimana saya akhirnya selesai menjadi yang pertama dalam penugasan VCT ini. Sekitar dua minggu lalu selesai sudah kegiatan pelatihan VCT Batch 4 VCI 77 Jabar 5 dimana ruang 5 ini khusus untuk para guru dari berbagai wilayah di provinsi Jawa barat. Banyak sekali hal positif yang saya dapat dalam kegiatan VCT Batch 4 ini. Saya masuk dalam kelompok kecil di ruang 5.2 dengan instruktur ibu Rika dan bapak Roni Fardiansyah, S.PdI, S.Pd, M.Pd

Berikut saya selaku salah satu peserta pelatihan tersebut akan mencoba berbagi dan sharing apa saja yang sudah di dapat. Pada awalnya saya berpikir akan sangat sulit sekali karena saya bukanlah lulusan IT. Namun dengan penuh perhatian dan bekerjasama dengan yang lain terutama dengan para instruktur, maka hal-hal yang saya pikir awalnya sulit alhamdulillah dapat saya lalui dengan lancar. Dan bersyukur saya menjadi yang pertama dalam menyelesaikan tugas pada VCT Batch 4 Jabar grup kecil 5.2. Sehingga bersyukur karena saya selesai lebih dulu maka saya dapat turut memotivasi dan membantu hal-hal yang dapat saya bantu bagi peserta lain yang sednag menuntaskan tuga-tugasnya saat itu.

Untuk teman guru lainnya saya yakin pula dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik. Dan sudah selayaknya untuk mencoba mengikuti VCT ini agar lebih banyak hal positif yang kita dapat, seperti menambah ilmu tentunya, menambah silaturrahim, saling sharing ilmu dan bertambahnya wawasan pengetahuan kita. Juga tentunya melatih kerjasama dalam tim, karena nantinya kita harus tampil memerankan tiga peran yaitu sebagai nara sumber/presenter, moderator dan host.

Adapun hal-hal yang saya lakukan dalam pelatihan VCI ini yaitu sebagai berikut :

1) Tanamkan motivasi dalam diri terlebih dahulu keinginan untuk maju . Memotivasi diri untuk lebih meningkatkan kulitas sebagai pendidik. Dan tentunya niat untuk belajar dan berkeyakinan akan bisa atau mampu melakukannya
Ini hal utama yang harus ada dalam diri kita. Setiap manusia pastinya memiliki sebuah keinginan. Alangkah baiknya bila keinginan tersebut mampu membentuk kita menjadi manusia yang lebih berkualitas. Dengan mengikuti pelatihan VCI ini tentunya diperlukan niat terlebih dahulu yang tentunya diiringi dengan keinginan yang kuat dari dalam diri kita. Menjadi manusia berkualitas dan bermanfaat tentunya akan menjadi motivasi dan niat besar dalam diri kita untuk dapat mewujudkannya.

2). Siapkan kelengkapan yang di perlukan untuk pelatihan
Adapun peralatan yang dibutuhkan adalah :

# HP/Tablet android, PC/laptop yang memadai

# Kuota Internet / Wifi

# Jaringan internet yang stabil

3). Harus selalu langsung berlatih bila ada materi yang disampaikan oleh para instruktur dalam pelatihan VCI ini. Dengan terus mencoba, berlatih dan tentunya bertanya kepada para indtruktur maka akan menjadikan proses pelatihan ini sesuatu yang penuh semangat hingga kita dapat menikmati setiap proses penyelesaiannya..



Berikut beberapa video/hal yang bisa kita pelajari sendiri :


Video Tutorial :
1.     Tutorial mengekspor kontak yang ada di Whatsapp Grup: 
2.     Tutorial cara gabung ke webex menggunakan laptop:
3.     Tutorial cara gabung webex menggunakan hape:
4.     Tutorial cara gabung webex menggunakan link via HP:
5.     Tutorial membuat Poster atau Flyer Online:
7.     Cara Membuat Schedule Meeting Terbaru 2019 di Webex*
8.     Tutorial membuat Formulir Online (Zoho Form, bisa untuk tanda tangan):
9.     Tutorial cara merekam kegiatan vicon:
10. Tutorial memendekkan link:

Adapun video hasil dari pelatihan ini dapat di tonton di link channel youtube saya yang bernama creative family. Dimana di dalam video tersebut ada beserta flyer di dalamnya. Serta di deskripsi di kedua video tersebut saya jelaskan pula intisari isi video VCT batch 4 jabar 5.2 tersebut. Berikut link youtubenya : (Mohon Like, subscribe, comment and share, thank-U)



Maulina Ismaya Dewi
Seorang ibu dari tiga orang anak, dan guru di sekolah yang mencintai dunia literasi. Pembelajar yang terus belajar untuk peningkatan kualitas diri, dan agar bermanfaat bagi sesama dunia akhirat. Berharap menggapai Husnul Khotimah, dan taman surga terindah.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar