Teach Write Learn

 

Pengalaman Beli dan Pasang Sendiri Custom Domain

12 komentar

 

Pengalaman Beli dan Pasang Domain


Pengalaman beli dan pasang sendiri custom domain berawal dari adanya lomba blog yang di share di sebuah group komunitas youtube. Di sana aku jadi teringat dengan blog ku. Ingin sekali mencoba kembali blog ku yang sejak lama tak benar-benar ku rawat dengan baik. Ibaratnya rumah bila tak pernah sekalipun dirawat dan asal ditinggali pastilah menimbulkan kesan suram. Sama halnya dengan blogku yang hanya sesekali kusinggahi dan tak sering menuliskannya.

Seorang teman satu komunitas di youtube walking memberikan info bahwa akan ada lomba blog, Pa Ilham namanya. Saat itu saya membaca syarat-syaratnya bahwa salah satunya harus ada custom domain ini. Lalu dengan beragam syarat lainnya yang bagi aku masih asing. Dengan memberanikan diri bertanya lebih jauh akan lomba ini kepada beliau. Dan mengakui bahwa pengetahuanku tentang dunia blog masih minim namun ingin sekali suatu saat kelak mengikuti lomba dengan belajar blog lebih dalam agar lebih bisa meningkatkan kualitas.

Alhasil beliau menyarankan saya untuk ikut kelas yang kebetulan dibuka oleh mba Marita Ningtyas. Ketika ada kelas blog dimana coachnya mba Marita yang bersyukur keren abis orangnya dimana beliau baik dan mau berbagi ilmu nge blog, maka aku ga mungkin melewatkan begitu saja kesempatan ini. Bersyukur masih banyak orang-orang baik berkualitas di dekat saya. Dan mba Marita ini Bersama sang suami Mas Martin selalu menyemangati dan dengan gaya disiplinnya namun halus membuat peraturan kick atau ditendang dari group jika tidak memenuhi peraturan dalam proses belajar.

Ada sebutan tendangan Marita untuk peserta yang gagal disiplin. Sesuatu yang baru dan berbeda bagiku, namun hal ini nyatanya sukses membuatku melek blog lagi meski prosesnya bersamaan dengan rintangan yang tak sedikit. Seperti operasi tumor yang kujalani di awal-awal pelatihan, namun coach Marita sangat memahami dan baik hati memberi keringanan kepadaku dengan menambah waktu dead line khusus lebih lama untuk masa pemulihan pasca operasi.

Dan di sela-sela proses nge blog pun ada saja rintangan lain selain operasi tumor yang kujalani satu minggu setelah program ini berjalan. Rintangan lainnya yaitu harus ada tukang memperbaiki atap rumah yang rusak karena bocor saat hujan. Tentunya waktu pikiran dan tenaga beralih untuk mengurusi kekacauan rumah yang berantakan, dan itu memakan waktu 12 hari di rumah karena sekalian renovasi atap yang telah rusak tersebut.

Ditambah dengan beberapa hari lalu sempat tersiram minyak panas ketika sedang memasak seperti pada artikel memasak indah ini. Dan hari ini ketika menulis artikel ini aku pun baru mulai terasa sehat setelah masuk angin yang menurutku dahsyat dan cukup mengagnggu aktivitas di hari sebelumnya.

Akhirnya di kerok agar cepat selesai masuk anginnya. Alhasil ternyata kerokan sangat mujarab untukku. benar-benar rintangan yang sungguh menghalau dalam proses nge blog ini. Namun tentunya semangat tetap harus kupegang teguh demi tercapainya niat baik menjadi blogger berkualitas. Untuk menggapai blogg impian.

Pengalaman Membeli Domain

Pengalaman Beli dan Pasang Domain

Pengalaman beli dan pasang sendiri custom domain yaitu diperoleh dari tugas di pelatihan blogspedia dengan coaching nya mba Marita. Dimana aku harus membeli domain dan mengatur DNS nya. Langkah awal tentunya saya pelajari terlebih dahulu materi dari mba Marita seputar beli dan pasang domain sendiri. Untuk kali ini saya hanya share pengalaman dan untuk tutoeial lebih lengkapnya dapat dibaca di cara memasang TLD. Namun untuk berikutnya saya akan membuat tutorial dalam yotube dan blog ini juga. Ditunggu ya 😊

Lalu akhirnya saya langsung praktikkan semua materi dalam tutorial mba Marita. Tahukah saat itu meupakan sebuah momen yang penuh perjuangan karena lagi-lagi sebenarnya itu awal terasa masuk angina di badan. Badan sedang lesu, namun tak melesukan semangat untuk mempunyai domain sendiri. Sampai kisah pengalaman ini dituliskan pun badan ku masih terasa kurang fit dan bawaannya hanya ingin tidur saja. Mungkin ya belum cukup dua harian kemarin itu tertidur cukup lama.

Nah, pastinya sebelum custom domain dipasang di blog kita, sudah pasti domainnya harus dibeli dulu kan? Ok. Dimana memasang domain ini menjadi pelengkap bagusnya blog kita selain juga harus tetap menerapkan aturan-aturan SEO dalam blog dan memahami etika atau adab dalam nge blog

Guys, yang akan aku ceritakan di sini adalah khusus untuk pengalamanku dalam proses beli dan pasang custom domainnya blogspot ya. Karena untuk platform lainnya, bisa jadi dalam proses pemasangannya akan berbeda-beda. Dan karena memang yang baru aku ketahui itu ya baru pasang domain di platform blogspot saja guys. Ok bagaimana membelinya? Langsung saja kita urai ya.

Yang paling utama untuk memulai membeli adalah masuk dan membuat akun di Rumah Web ya Guys. Setelah beberapa menit mencoba tak kurang dari dua puluh menit setelah mengaktifkan akun gmail maka akun dalam website Rumah Web jadi. Lalu tinggal meng klik domain dan melihat beberapa pilihan di dalamnya. Setelah sampai kepertanyaan akan ditransfer kesana, saya mengikuti saran mba Marita dan beberapa teman lainnya juga untuk memberi secara virtual saja. Maka saya awali dengan mengklik pembayaran melalu BNI Virtual.

Namun apa yang terjadi Guys? Ternyata sudah berkali-kali aku melakukan transfer menggunakan virtual ini akan tetapi tidak terkirim juga. Awalnya saya pikir jaringan dan terus mencoba dari sekitar jam Sembilan pagi sampai bada dzuhur dengan diselingi beragam kegiatan lain. Cukup membuat khawatir karena transferanku tak kunjung sampai. Akhirnya aku mencoba menanyakan kepada customer servicenya.

Setelah mencoba cek ricek bagian inforasi ternyata ada dua customer service yaitu yang di Jakarta sebagai pusatnya dan yang di Jogjakarta. Aku mencoba menghubungi bagian customer service yang di pusat namun tak diangkat-angkat. Lalu aku SMS serta kucoba hubungi langsung bagian pembayaran.

Berselang beberapa menit terjawab pertanyaan saya, hingga akhirnya saya memutuskan untuk merubah pembayaran menjadi transfer BANK saja dan membatalkan yang virtual BNI. Terlebih lagi jumlah nominal berbeda dnegan yang di invoice. Dikhawatirkan karena perbedaan ini yang membuat lama.

Dengan transfer BANK memerlukan konfirmasi. Itu perbedaannya dengan virtual. Namun dengan transfer nyatanya lebih cepat meski harus menunggu konfirmasi. Uang pun telah berhasil transfer dengan permintaan domain saya yang berujung .com dan saya menggunakan nama pena Maia Dewi, maka jadilah maiadewi.com

Memasang Custom Domain Sendiri

Custom Domain


- Awalnya kita klik login ke account blogger kita.

- Setelah login Klik “settings lalu kemudian pilih “Custom Domain”

- Klik “Add a Custom Domain.”

-Lanjut isi kolom dnegan nama domain anda. Saya menggunakan maiadewi. Maka cara mengisinya www.maiadewi.com, lalu kemudian klik “save”

- Setelahnya mengisi CNAME yang harus dipasang di domain manger anda.

Perlu diingat CNAME yang tulisannya berwarna merah tersebut akan digunakan untuk setting di Domain Manager/Clientzone.

- Sekarang silahkan tinggalkan dahulu blogger kita. Lalu kita login ke account WHOCS/cliebtzone.rumahweb.com

-          Lalu pilih domain kita

-          Klik menu “Nameservers.”

-          Klik “Kelola Domain”

-          Klik Manage DNS

Jika muncul tombol Start/Update, silahkan diklik dahulu sampai tidak ada tombol update lagi yang muncul. Setelah itu baru Add New Record

Diisi sebagai berikut

Domain name : Kosongi saja

# TTL = 14400

# Record Type = A

# Hostname = 216.239.32.21 (ada beberapa pilihan tapi aku pilih yang ini)

Lalu kemudian ulangi kembali dan silahkan mengisi IP or Hostname = 216.239.34.21, 216.239.36.21 dan 216.239.38.21

Ulangi pengisian untuk IP or Hostname = 216.239.34.21, 216.239.36.21 dan 216.239.38.21

-          Untuk membuat CNAME Record dengan menggunakan informasi yang ada dalam blogg kita yang berwarna merah.

-          Setelah semua step benar maka pastikan muncul gambar sebagai berikut

Apabila save domain telah berhasil dilakukan di blogspot, langkah berikutnya adalah melakukan setting redirect dari non-www to www. Setting ini mempunyai tujuan dimana ketika domain diakses tanpa www, maka secara otomatis akan direct ke www.nama domain

-          Silahkan klik edit

-          Jika ingin mengaktifkan Https:// maka aktifkan HTTPS:// availability

Tunggu beberapa saat sampai setting Https redirect aktif lalu baru aktifkan setting redirect Https.

Dan selamat setting https:// berhasil beserta www.nama domain.com ðŸ˜Š

Nah demikianlah pengalaman beli dan pasang sendiri custom domain. Semoga dapat bermanfaat. Dan tunggu tutorial lengkapnya di channel youtube saya serta tentunya di blog ini juga. Yang merupakan sambungan dari narasi pengalaman saya dalam membeli domain dan memasang DNS nya sendiri. OK semoga bermanfaat sebagai inpirasi memotivasi agar kalian juga ikut membeli dan memasan sendiri domain ya guys, don’y you forget to check the artikel next still about tutorial domain and check it out on my youtube too, see u😊


Kunjungi pula : 

my youtube @creative family 

my instagram @maulina-ismaya-dewi

my FB @Maulina Ismaya Dewi

my Twitter @Maulina ismaya Dewi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Maulina Ismaya Dewi
Seorang ibu dari tiga orang anak, dan guru di sekolah yang mencintai dunia literasi. Pembelajar yang terus belajar untuk peningkatan kualitas diri, dan agar bermanfaat bagi sesama dunia akhirat. Berharap menggapai Husnul Khotimah, dan taman surga terindah.

Related Posts

12 komentar

  1. Waduh, walau ada kendala tapi alhamdulillah berhasil ya mbak. Selamat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah mba, ini juga banyak typo ya baru ngeh krn sprtinya kurang konsen blm fit benar saat menuliskannya..Semangaaat :)

      Hapus
  2. MasyaAllah, ujiannya banyak ya, Mbak. Tandanya Anda orang yang kuat. 😇
    Baarakallah dengan domain barunya. Semoga lebih bersemangat lagi menulisnya.

    BalasHapus
  3. Wahhh kesusul teteh cantik nih aku pasang tld... Barokallah yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo teh Vie semangaat,..kita bersama-sama sampai gol ya, bismillah :)

      Hapus
  4. Wah, mba bikin video di youtube juga ya? Keren ih bisa belajar youtube. Aku gak jago kalau ngomong depan kamera gitu. Kayaknya tutorial pasang domain di youtube bakal lebih ramai mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, awalnya coba-coba untuk youtube tapi ketagihan kesininya, ayooo mba bikin youtube :)

      Hapus
  5. maa syaa Allah perjuangannya mbak maia, jadi untuk mendapatkan TLD ini bener-bener punya kenangan yg nyes nyes >< hihi

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah domainnya sudah terpasang teh.
    Mugia sehat neras, tetap semangat teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah pa, iya aamiin semoga kita semua di grup blogspedia sehat selalu semuanya dan gol sampai akhir ya pa aamiin :)

      Hapus
  7. Selamat atas Domain barunya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimkasih mba :) SEmoga kita semua lulus sampai akhir aamiin, bismillah :)

      Hapus

Posting Komentar