Teach Write Learn

 

2 Peringatan Hari Guru

18 komentar

 

2 Peringatan Hari Guru

Seperti yang kita ketahui hari guru sedunia diperingati setiap tanggal 5 oktober. Hari Guru Sedunia diadakan setiap tahun pada tanggal 5 Oktober untuk menghormati dan memberi penghargaan pada profesi guru di seluruh dunia.

Dan untuk memeringati penandatanganan rekomendasi tentang status guru oleh ILO dan UNESCO pada 1966. Pasalnya, rekomendasi dari ILO / UNESCO menjadi tolok ukur terkait hak dan tanggung jawab, standar untuk persiapan awal serta pendidikan lanjutan, perekrutan, pekerjaan, dan kondisi belajar mengajar bagi guru.

Oleh karena itu Hari Guru Sedunia merupakan perayaan untuk memeringati hari jadi pengadopsian rekomendasi Organisasi Buruh Internasional (ILO) / Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan pada Perserikatan Bangsa-Bangsa/PBB dimana UNESCO membahas hal mengenai Status Guru (Status of Teachers) pada 5 Oktober 1994. Hal tersebut tertulis dalam laman resmi UNESCO.

Dalam waktu satu tahun, Indonesia memeringati hari untuk profesi guru atau pengajar yaitu sebanyak 2 kali. Peringatan ini dilakukan setiap Hari Guru Sedunia yaitu pada 5 Oktober, dan peringatan Hari Guru Nasional pada 25 November.

Adapun mengenai peringatan hari guru nasional 25 november yaitu melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 1994 Tentang Hari Guru Nasional. Dimana Presiden Soeharto menetapkan tanggal 25 November, yang selama ini diperingati sebagai hari ulang tahun PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia), sebagai Hari Guru Nasional.

 

Guru Mengajar dan Mendidik

Guru Mengajar dan Mendidik


Adapun peringatan hari Pendidikan yaitu jatuh pada tanggal 2 mei. Tentunya berkaitan dengan tugas seorang guru yang juga sebagai pendidik donk ya. Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) adalah hari yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia setiap 2 Mei, untuk memperingati kelahiran dan menghormati jasa Ki Hadjar Dewantara. Beliau adalah pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia di era kolonialisme.

Sebagai guru tentunya mempunyai tugas untuk mengajar, tentu ya mengajar mata pelajaran yang diampu atau dikuasainya. Mengajar mata pelajaran sesuai ijazah yang diampu Mengajar mata pelajaran tertentu dengan spesialisasi sesuai mata pelajaran yang dikuasai. Sama halnya dengan mendidik yang juga merupakan tugas guru. Dimana mendidik justru hal yang paling penting. Memberi nasehat akan pembentukan karakter baik. Ilmu tanpa akhlak akan menjadi sebuah petaka. Meski demikian akhlak tanpa ilmu pun akan jomplang. Dalam hal ini bagaimana mengajar dan mendidik ini menjadi sebuah keterkaitan yang harus bersinergi berjalan beriringan.

Untuk itulah sebagai guru sudah selayaknya menjadi contoh tauladan. Agar meski kita tidak mendidik para siswa dengan nasihat berupa kata-kata, namun dengan contoh tauladan yang baik maka hal-hal  itu pun bagian dari mendidik para siswa siswi. Sehingga dengan penerapan langsung dalam hal tindakan postip sebagai pencerminan sikap tauladan seorang guru, maka diharapkan hal tersebut sebagai bukti nyata bahwa guru adalah karakter yang patut digugu dan ditiru.

 

 

Maulina Ismaya Dewi
Seorang ibu dari tiga orang anak, dan guru di sekolah yang mencintai dunia literasi. Pembelajar yang terus belajar untuk peningkatan kualitas diri, dan agar bermanfaat bagi sesama dunia akhirat. Berharap menggapai Husnul Khotimah, dan taman surga terindah.

Related Posts

18 komentar

  1. Makasih bu Guru, sudah diingatkan tentang makna pendidik. Saya kalau reuni SD atau SMP, terus ketemu guru2 favorit, jadi mewek... Ingat waktu SD kalo ulangan matematika gak dapat 100, nyesel... Terus aku datangin guru matematika ke ruang guru, protes kenapa salah atau minta diajarin jawabnya. Sampe segitunya ya....

    BalasHapus
  2. Selamat hari guru buat mbak Ismaya..

    Alhamdulilah banyak suka duka menjadi seorang guru,,
    Mudah2an saya dan mbak selalu menjadi guru yg bermanfaat bagi murid murid kita ..amin

    BalasHapus
  3. Selamat Hari Guru untuk mbak Maulina dan seluruh guru di manapun berada. Setiap orang adalah murid dan guru.

    BalasHapus
  4. Semoga kita dapat menjalankan tugas dengan maksimal untuk mendidik dan mengajar putra-putri kita dalam memenuhi haknya untuk mendapatkan pendidikan secara layak. Amin

    BalasHapus
  5. Selamat hari guru, Mbak! Terus semangat mendidik anak-anak bangsa supaya menjadi penerus yang berbudi luhur dan cerdas

    BalasHapus
  6. Kalau hari guru, aku selalu inget murid pertama ku, 😁😁
    Pertama kali punya murid😆

    BalasHapus
  7. Selamat hari guru sedunia Bu guru ! Dengan banyaknya peringatan hari guru semoga menambah kesejahteraan para pencetak pemimpin negeri ini. Jangan lelah mendidik anak-anak kami ya bu Guru !!

    BalasHapus
  8. Selamat Hari Guru untuk Mom Maulina dan seluruh guru yang ada. Terima kasih atas perjuangan dan didikan kalian, begitu besarnya sumbangsih para pahlawan tanpa tanda jasa :') Saking tanpa tanda jasa, pemerintah seakan lupa untuk mensejahterakan, duh :'( Sehat-sehat ya Mom Maulina sekeluarga :)

    BalasHapus
  9. Senang bisa menjadi Gduri walau sebentar, dan bangga ketika anak didik bisa berhasil. Selamat Hari Guru Sedunia Mb Ismaya, semoga sehat selalu

    BalasHapus
  10. aku tahunya haru guru 25 nopember rupanya tanggal 5 oktober ini haru guru internasional ya mba. sebagai. orang yang pernah. mersakan bagaimana menjadi pendidik aku pun meraskaanapa yang dirasakan mbak . mengajar dan mendidik ini dua hal yang mirip tapi sejatinya tak sama.

    BalasHapus
  11. semangat buat guru-guru hebat di dunia. tetap menjadi pelita hidup bagi para murid-murid ya. termasuk aku juga

    BalasHapus
  12. Selamat hari guru internasional ya Bu. Guru semoga semua ilmu yang telah diberikan pada anak didiknya menjadi jariah yang tak terputus.

    BalasHapus
  13. Wah, kadang kita lupa begitu berjasanya guru" terhadap pendidikan kita. Semoga guru" di Indonesia bisa lebih di hargai Jasa"nya ya mba :)

    BalasHapus
  14. Selamat hari guru ya mbak. Hebatnya guru itu bisa menghandle anak² sekelas dengan berbagai karakter anak. Selama pandemi anak² darinh emaknya sudah kebakaran jenggot, kadang lancar kaya jln tol, kadang drama sampai beberapa episode. Hehe.

    BalasHapus
  15. Semakin bangga melihat guru-guru yang berjuang di masa pandemi. Semoga terus sehat ya mbaaak. Semangat mendampingi dan menginspirasi anak didik.

    BalasHapus
  16. Selamat hari guru sedunia, terus menginspirasi dan menjadikan anak2 Indonesia semakin melesat prestasinya.

    BalasHapus
  17. Sepakat. Nggak hanya ngajarin tp mendidik. Yang selama ini ditemui adalah beberapa oknum manusia pinter yg kurang berakhlak soalnya. Tugas guru berat memang ya sbg perpanjangan tangan org tua mengajar dan mendidik anak. Semoga selalu sehat dan banyak rezeki untuk para guru

    BalasHapus
  18. Menjadi guru itu gak cuma sekedar profesi saja, melainkan amanah yang luar biasa. Setuju banget sih mbaa, kalo guru itu bukan sekedar mengajar saja, melainkan juga mendidik :)

    BalasHapus

Posting Komentar