Teach Write Learn

 

Review Buku Ensiklopedia Pengobatan Islam

9 komentar

 
Review Buku Pengobatan Islam

Judul                               : Ensiklopedia PENGOBATAN ISLAM

Judul Asli                    : Mausuu’ah Al-‘ilaaj bil-Qur’aan wa Al-Adzkaar

Pengarang                  : Sya’ban Ahmad Shalih

Alih Bahasa                 : Irwan Raihan

Editor                           : Abu Hasanudin Al-Fawwaz, Abah Hadi

Tebal buku                   : 714 hlm

Penerbit                       : Pustaka Arafah Solo cetakan ke-1 november 2012

Alasan Memilih Buku ini

Baiklah kali ini kita akan review buku Ensiklopedi PENGOBATAN ISLAM yaitu buku terapi penyembuhan dengan pengobatan yang bersumber pada Al-Qur’an dan Sunnah Nabi. karangan penulis Sya’ban Ahmad Salim. Saya memilih buku ini karena buku ini merupakan buku religi kesehatan yang sangat mengena di hati. Selain juga karena saya sering mengalami sakit semisal magh yang selalu kambuh, buku ini memberi daya Tarik tersendiri karena menyarankan herbal yang tentunya di sunnahkan oleh Rasulullah di masanya.

Isi Buku

Apa atau tentang apa isi dari buku Ensiklopedia Pengobatan Islam? Baiklah kita bahas dimana buku ini merupakan buku yang sangat berkualitas dari segi religi dan kesehatan. Merupakan buku best seller karya dari penulis Sya’ban Ahmad Shalih. Dalam buku ini memberi pemahaman apa itu sejatinya mengenai pengobatan yang benar dan baik. Dalam hal ini tentunya pengobatan Islam.

Buku ini menjelaskan mengenai Kesehatan yang merupakan dambaan setiap insan di muka bumi ini. Kesehatan adalah nikmat yang mahal. Apapun akan selalu diupayakan oleh umat manusia untuk menggapai Kesehatan dirinya. Sebab dengan Kesehatan badan setiap aktivitas bisa ditunaikan. 

Kepada siapa Buku ini ditujukan yaitu sudah tentu kepada kita semua manusia sebagai seorang muslim muslimah yang beriman agar lebih meningkatkan keimanan dan lebih menjaga agar iman kita tetap selalu di jalan yang di ridhai oleh Allah SWT. Buku ini bisa dibaca oleh siapapun dari orang tua hingga anak menuju remaja sekalipun karena sangat syarat ilmu pemahaman tentang Islam yang dapat sebagai pembelajaran dalam kehidupan kita terutama dibidang kesehatan. Mengandung nasihat yag bersumber dari Al-Qur’an, hadits, dan juga kisah-kisah penuh inspirasi di era Rosululoh SAW.

Mengapa Perlu Membaca Buku ini

Dimana permasalahan-permasalahan dalam buku ini sering terjadi? Yang pastinya terjadi di bumi ini. Di bumi yang seorang muslim dan Muslimah berada. Dimana kita sebagai seorang muslim muslimah tentunya pernah mengalami yang Namanya sakit. Oleh karena itu di dunia ini dimana segala macam ujian sakit yang mengganggu aktivitas dapat diringankan dengan arahan dalam buku ini. Maka sudah selayaknya buku ini menjadi pegangan kita di dunia sebagai penuntun pengobatan secara Islami

Kapan buku ini bisa dimanfaatkan oleh kita? Tentunya dalam keseharian di kehidupan kita. Dalam menyikapi permasalahan-permasalahan Kesehatan dari mulai yang ringan hingga berat. Dimana sang penulis tentunya sangat berharap buku ini menjadi panduan singkat dan tepat dalam menanggulangi hal-hal yang berkaitan dengan beragam penyakit. Yang dituntun dengan sesuai sunnah nabi Muhammad SAW

Mengapa kita harus memaknai isi buku ini bahkan bila mampu dapat mengaplikasikan segala isi nasihat kehidupan di dalamnya? Karena sehat merupakan hal yang kita inginkan untuk melanggengkan segala aktivitas kita. Namun jika di dunia ini kita sering mengalami gangguan-gangguan yang membuat kita terhalang melakukan aktivitas seperti ibadah kepada Allah SWT, maka buku ini sangat dibutuhkan untuk menolong kita.

Prinsip Pengobatan Islam

Prinsip Pengobatan Islam
Lalu bagaimana menggapai isi buku ini? Bagaimana caranya agar hidup yang terarah sesuai tuntunan Islam itu tercapai? Dalam buku ini diuraikan satu persatu dengan poin-poin penting sebagai berikut, yaitu  metode pengobatan yang dibahas dalam buku ini berdasarkan pada Al-Qur’an dan sunnah Rasulallah. Diantaranya : Terapi gangguan jin, ruqyah dengan Al-Qur’an, dan do’a- do’a yang ma’tsur, pengobatan penyakit akibat terkena sihir, terapi penyakit dengan thibbun Nabawi, bekam, terapi dengan Asma’ul Husna, dan terapi dengan herbal.

Hikmah

Adapun hikmah yang kita dapat ambil dari membaca buku ini yaitu kita akan lebih berusaha untuk sehat. Dengan menerapkan metode-metode Kesehatan secara Islami. Yang berpedoman kepada Al-Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad SAW.

Demikian buku ini yang isinya cukup lengkap dan akurat tema pembahasannya, dalil dan sumber dari Al-Qur’an, hadits Rasulullah, Dan Sebagian telah banyak diterapkan di Indonesia seperti bekam dan herbal.

Baiklah guys cukup sudah ulasan dari review buku Ensiklopedia Pengobatan Islam. Semoga bermanfaat dan dapat diambil manfaat dari uraian yang telah saya buat. Jangan lupa kunjungi channel creative family dan instagram saya ya guys.

 

 

 

 

Maulina Ismaya Dewi
Seorang ibu dari tiga orang anak, dan guru di sekolah yang mencintai dunia literasi. Pembelajar yang terus belajar untuk peningkatan kualitas diri, dan agar bermanfaat bagi sesama dunia akhirat. Berharap menggapai Husnul Khotimah, dan taman surga terindah.

Related Posts

9 komentar

  1. Aku paling andalan konsumi obat herbal yang minim efek samping, alhamdulillah selalu cocok. Semoga kita selalu diberikan kesehatan ya bund ..

    BalasHapus
  2. Hwah buku kaya gini tuh agak rare-nya. Kayanya recomended sekali untuk dibaca, agar setiap kita, khususnya yang muslim paham dengan pola menjaga kesehatan sesuai syariat

    BalasHapus
  3. Kadang kuncinya tuh pola hidup ya mba, kalau baca pengobatan islam tuh nggak terlalu ribet si cuma mau enggak kita mempraktekkannya. Jadi penasaran sama bukunya deh

    BalasHapus
  4. karena memang di islam tuh lengkap bgt. sehingga di sebut agama sempurna. cuma kadng kitanya aja yang males ngulik. hehe

    BalasHapus
  5. Bagus banget bukunya. Apalagi setelah baca review nya ini. Bikin penasaran... Makasih ya kak Maia... Salam kenal...

    BalasHapus
  6. Buku dengan kumpulan kasus kasus keseharian sangat related dengan kehidupan sehari hari sangat diperlukan nih apalagi jika sistem pengobatannya sesuai sunah ya

    BalasHapus
  7. Penasaran nih sama ensiklopedia pengobatan islam ini.. Isinya sepertinya merujuk ke pola hidup kita untuk lebih baik gitu bukan ya mba?

    BalasHapus
  8. Memang, meminta pengobatan harusnya kepada yang satu, mudah2an di sehatkan, apalagi ada bukunya... 👍

    BalasHapus
  9. Masha Allah, paling suka aku ngulik terkait kesehatan maupun pengobatan tapi yang Islam. Islam sndiri kan sudah mengatur sedetail itu dan buku ini pasti akan bermanfaat bgt, penasaran.

    BalasHapus

Posting Komentar