Teach Write Learn

 

Surat Cinta Dari Google

Surat Cinta Google Adsense

Ketika pertama kali channel youtube ku di monetisasi, serasa seperti mendapat durian runtuh. Ya, runtuhnya angan-angan menjadi sebuah kenyataan. Aku pikir awalnya hanyalah sebuah angan-angan belaka untuk memiliki channel yang dimonetisasi, namun sepertinya takdir berbuah manis hingga akhirnya channel youtubeku mendapat email, email dari google yang isinya mengabarkan agar aku segera memiliki akun google adsense.

Lupa-lupa ingat caranya, tapi kucoba mengingat kembali di awal bulan Juni 2020 itu, tepatnya 6 juni 2020. Namun tentunya akan ku kisahkan terlebih dulu perjalanan masa-masa penantian mencapai minimal 1000 subscriber dan minimal 4000 jam tayang. Yups, dua hal tersebut yaitu jumlah minimal subscribe dan jumlah minimal views, merupakan syarat utama dari peraturan didapatkannya monetsasi tahun 2018.

Channel youtubeku tentunya ada semenjak ada gawai smartku yaitu HP android pertama kali yang kumilik yaitu HP ASUS. Tepatnya tahun 2015, bulannya sepertinya lupa ya, namun sepertinya di awal-awal tahun.  Tentunya secara otomatis dengan akun gmail kita dalam gawai smart tersebut membuat secara otomatis channel youtube hidup, namun saat itu belum aktif tentunya. Aku hanya menjadi penonton setia youtube.

Hingga di September 2018 aku mulai meng upload satu video awal mengenai komunitas penulis kreative kota sukabumi atau KPKers dalam mengucapkan hari ulang tahun kpkers bandung raya. Semenjak itu aku mulai tertarik ngutak-ngutik computer terutama berkaitan dengan editing video. Awal mula video diedit dengan aplikasi wondershare filmore. Video kedua aku mulai mencoba video scribe dalam memperingati hari ylang tahun anakku yang kedua. Sejak saat itu ketertarikan dunia editing membuatku lebih ingin belajar lagi.

Setelah kurang lebih sekitar dua tahun akhirnya mencapai syarat monetisasi. Namun ternyata tidak langsung ada jumlah dollar tertera. Langkah awal membuat akun google adsense dengan mengikuti cara dan petunjuk dari email yang dikirim google adsense ke emailku. Lalu kemudian setelah ada tampilan dollar, lalu menunggu batas minimum 10 dollar untuk mendapat pin google adsense. Dan tentunya setelah itu kita cantumkan pin ke data yang ada dalam google adsense. Tutorialnya ada di link video youtube di bawah ini.

Nah, bagaimana guys apakah videonya bermanfaat? Semoga bisa manfaat dan sebagai motivasi kita untuk terus berkreasi dan inovasi dengan membuat konten-konten di youtube. Jangan lewatkan channel youtube creative family ya guys 😊

Maulina Ismaya Dewi
Seorang ibu dari tiga orang anak, dan guru di sekolah yang mencintai dunia literasi. Pembelajar yang terus belajar untuk peningkatan kualitas diri, dan agar bermanfaat bagi sesama dunia akhirat. Berharap menggapai Husnul Khotimah, dan taman surga terindah.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar