Teach Write Learn

 

Adab Menjadi Blogger

3 komentar

 

 


Adab Seorang Blogger
 

Alasan kuat menjadi blogger sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Ternyata ada satu hal penting lainnya yang harus di miliki para blogger dalam blogging. Untungnya saya ikut kelas Blogspedia Coaching for Newbie yang dimentori Kak Marita Ningtyas. Bersyukur sekali ikut kelas ini, karena selain materi-materi jitu juga kita diingatkan oleh hal yang satu ini. Baiklah kita uraikan apa-apa saja adab menjadi blogger berikut ini.

Dalam materi yang diberikan oleh mba Marita Ningtyas yang berjudul The Big Why dan Adab Ngeblog maka saya akan meresume mengenai Adab Ngeblog, karena sebelumnya telah saya buat artikel mengenai The Big Why dari materi ini. Ok, sebelum memulai blogging sudah tentu kita harus mengetahui bagaimana adab blogging itu? Agar kegiatan blogging kita dapat lebih bermanfaat dan tidak sekedar iseng-iseng saja. Berikut ini uraian mengenai adab menjadi blogger yang baik..

 

1.    Blogger yang memiliki adab baik

• Konten yang bermanfaat

Membuat konten yang bias memberi nilai informasi ataupun edukasi. Meski belum bisa keduanya minimal kita dapat membuat konten yang membuat pembaca terhibur.

• Harus selalu terus Belajar

Tidak mudah merasa puas dengan yang telah diketahui. Jadi, tak hanya sekedar menulis. Menjadi blogger harus selalu terus belajar dan belajar lagi tentang  bagaimana memaksimalkan blognya. Dimulai dari bagaimana cara agar tulisan yang kita buat dapat tepat sasaran atau dapat sampai kepada pembaca yang membutuhkan. Juga belajar bagaimana mengolah blog agar memiliki tampilan menarik serta informatif. Juga mampu memanfaatkan fitur yang ada di blog secara maksimal.

• Semangat untuk rajin update

Jangan membuat blog kita vakum terhenti tanpa update tulisan terbaru. Tanggung jawab kita sebagai blogger ialah membuat blog kita tetap ada tulisan yang bermanfaat yanga dapat dibaca khalayak. Dengan rajin memunculkan tulisan maka diharapkan kita dapat memiliki pembaca setia.

 

2.    Adab menulis artikel

• Personal Touch

Menulis dengan jujur dan selalu pakai hati. Karena sesuatu yang berasal dari hati selalu menyentuh hati. Dan tentunya agar apa yang kita tulis sampai dengan baik ke hati pembaca. Walaupun kita menulis dengan gaya bahasa santai seolah menulis di buku diary namun kita harus tetap belajar tentang EBI, agar tulisan kita dapat sesuai dengan KBBI.

• No plagiasi

Tidak mencuri tulisan orang lain. Dalam content writing seseorang dapat dikatakan plagiasi ketika terdeteksi menggunakan tiga kata berturut-turut yang mirip persis dengan tulisan blog lain. Namun, tetap harus dicek dikarenakan ada kalanya kata-kata mirip itu ternyata adalah sebuah kata penghubung saja. Jangan lupa mencantumkan referensi maupun sumber tulisan yang menjadi inspirasi.

• Pastika gambar atau video dalam blog merupakan milik diri kita sendiri.

Adapun jika kita mengambil gambar atau video dari orang lain maka harus selalu menulis sumbernya.  Jangan hanya memberi sumber: google.com karena google hanya mesin pencari. Kita harus mencari alamat pastinya dari mana dan alamat Itu yang harus kita tulis. Misalnya dari republika.com atau creative family, dsb.

 

3.    Adab dalam berkomunikasi

• Mengikuti Rule/Aturan

Setiap komunitas memiliki peraturan masing-masing. Kita sebagai orang yang mengikuti komunitas itu tentu harus menghormatinya. Jika ternyata rule komunitas beda dengan kita ataupun kita merasa tak bisa sejalan maka kita bebas menentukan pilihan kok dalam memilih komunitas lain yang memiliki tipe rule yang kita inginkan. Tapi kalau kita ternyata merasa baik-baik saja dengan perbedaan rule tersebut dan aman serta nyaman saja, maka tetaplah untuk stay cool dan ambil sisi baiknya secara maksimal untuk manfaat.

• Take & Give (Saling memberi saling menerima)

Kita harus mempunyai sebuah konsep dasar kehidupan dimana ditanamkan semangat menerima apalagi semangat memberi. Jangan menjadi anggota yang hanya pasif terdiam, dan hanya menerima semua yang ada yang telah diberikan tanpa mau melakukan sebuah arti memberi timbal balik.

• SKSD (Saling Kenal Saling Dekat)

Saling Kenal Saling Dekat. Bersosialisasilah lantas berkenalan dengan anggota lain di komunitas. Semakin banyak yang kita kenali tentunya akan semakin baik. Kalaupun kita merasa tidak biasa bersikap saling kenal karena malu maka tentunya minimal kita haruslah mengenali foundernya.

 

4.    Adab Blogwalking

• Jangan Sembarang Komen

Ketika meninggalkan jejak komentar di blog orang lain. Berkomentarlah sesuai isi artikel. Jangan komentar basa-basi seperti, "Artikelnya bermanfaat sekali." Komentar seperti itu merupakan basa-basi yang paling malas dibaca oleh blogger. Hindari juga komentar seperti, "diendorse ya?" Kalaupun tahu itu memang endorse/ sponsored post ya biarkan saja.  Komentar saja mengenai produknya.

• Minimal komentar 5 Kata

Berkomentar minimal 5 kata, jangan berkomentar dengan sedikit kata seperti "Thanks infonya" atau "Artikelnya bagus". Karena kalau sebuah postingan sudah berisikan komentar pendek, maka nanti pastinya dikira spam.

• Jangan Tinggalkan Link Hidup

Selain komentar singkat, dengan meninggalkan link hidup pada kolom komentar seorang blogger maka sudah tentu artikel dianggap spam comments.

• Kritik melalui japri saja

Jika kita punya kritik mengenai artikel blog orang lain. Sebaiknya kita mengkritik dengan cara menjapri sang blogger saja. Jangan sekali-kali mengkritik di kolom komentar yang sifatnya publik.

• Balas Komentar

Jangan sampai kelupaan mencheck untuk membalas setiap komentar yang masuk di blog kita. Membalas komentar tentu saja akan mempererat tali pertemanan antar blogger. Dan itu beretika.

 

5.    Adab pada hetters

• Jangan tersulut emosi

Jika ada komentar yang tidak berkenan dihati. Jangan langsung dibalas, endapkan dulu emosi. Tenangkan diri, agar kita tidak berlarut dalam emosi. Jika sudah tenang, barulah balas komentar tersebut. Berikan penjelasan secara baik-baik atas komentar yang tidak berkenan tersebut. Jika orang tersebut tetap bersitegang menyudutkan kita maka iarkan saja, jangan terlalu dipikirkan. Abaikan namun sambil tetap beristighfar agar produktivitas kita sebagai blogger tetap terjaga.

• Jadikan Sarana Instropeksi Diri

Jadikan komentar itu sebagai sarana kita menginstropeksi diri. Mungkin memang ada yang harus kita benahi agar menjadi lebih baik lagi. Atau bias jadikan komentar tersebut sebuah ide baru untuk tulisan selanjutnya.

•Tetap Semangat

Bila ada komentar yang tidak berkenan di hati kita jangan sampai kita jadikan penghambat ke depannya dalam menulis. Karena tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna yang sepenuhnya disukai semua orang. 

Karena kita tentunya tidak bisa mengatur pemikiran atau pendapat orang lain, namun kita bisa mengatur pikiran diri sendiri.

 

 

6.     Adab Blogger Gathering/ Blog Coaching/ Blogger Events

• Datang Tepat Waktu atau lebih baik sebelum acara

Datanglah sebelum jam acara akan dimulai. Tentunya agar kita bisa berkenalan dengan blogger lain.

• Kenali dan Hargai sang Pengundang.

Kenali dan pahami acara. Karena kadang adakeinginan-keinginan tertentu dari sang pengundang seperti dresscode tertentu yang dijadikan ketentuan untuk setiap peserta yang datang.

• Ikut Acara dengan Baik

Setiap acara memiliki kesepakatan atau ketentuan masing-masing. Pastikan bahwa kita mengetahui apa saja yang harus dikerjakan.

• Kosongkan Gelas

Kosongkan gelas yang kita miliki agar bisa menyerap materi secara maksimal. Jadikan seolah diri kita baru pertama kali mendapatkan ilmu tersebut sehingga ruang untuk menerima ilmu baru menjadi semaksimal mungkin.

• Jalin Komunikasi

Jangan lupa menjalin komunikasi setelah event untuk membangun networking. Siapa tahu kelak diundang lagi ke event lainnya.

 

7.    Adab Pada Klien

• Balaslah dengan Sopan

Apabila kita mendapatkan tawaran yang tidak cocok dengan kita baik dari segi tema maupun harga. Kita harus tetap membalas dengan sopan jangan merendahkan, kalaupun ingin menolak, tolaklah dengan baik-baik. Jangan tidak membalas tawaran tersebut, itu akan terkesan tidak profesional. Balaslah walau harus menolak, tentunya dengan kata-kata yang baik dan bijak. Jangan sampai kita menggantungkan harapan tanpa kepastian menerima atau menolak.

• Jaga Rahasia

Jangan sebarkan nominal uang yang kita terima dari klien. Apalagi membandingkan kepada klien nominal yang biasa kita dapat dari klien lain. Karena hal tersebut Nampak tidak beretika.

• Jaga Kualitas dan Komunikasi

Jaga kualitas tulisan, jangan menghapus backlinknya ketika sudah dibayar. Ada klien yang secara rutin mengecek. Kalau kita setia, bisa jadi nanti dapat job-job lainnya. Maka perhatikanlah hal ini dengan seksama.

 

8.    Adab pada diri sendiri dan keluarga

• Manajemen Diri

Jangan lupa selalu menjaga kesehatan. Sesibuk apapun kita sebagai blogger yang kadang suka begadang untuk menemukan ide tulisan. Kesehatan tetap hal utama yang harus dijaga.

• Manajemen Waktu

Atur waktu menulis agar tidak mengorbankan waktu bersama keluarga ataupun prioritas utama lainnya yang kita miliki. Jangan sampai berbenturan.

• Manajemen Bahagia

Perasaan bahagia tentunya akan membuat kita lebih bersemangat ketika blogging dan ide pun datang mengalir. Kegiatan blogging juga sudah pasti memberi kebahagian tersendiri untuk kita sebagai blogger. Tapi jangan sampai kegiatan kita mendzolimi kebahagian keluarga kita. Karena kita terlalu asyik dengan dunia kita sendiri.

 

Begitulah adab ngeblog atau Adab Menjadi Blogger yang wajib kita miliki yang tentunya bila kita ikhtiarkan dipenuhi semua adab-adabnya maka tentunya akan menjadikan kita sebagai blogger yang baik. Harus selalu semangat dan berikhtiar Sukses selalu untuk kita semua. Dan terimakasih untuk ilmunya kepada mba Marita Ningtyas. Salam bahagia selalu. 😊

 

Referensi:

Blogspedia Coaching Batch 1 bersama Marita Ningtyas

 

Maulina Ismaya Dewi
Seorang ibu dari tiga orang anak, dan guru di sekolah yang mencintai dunia literasi. Pembelajar yang terus belajar untuk peningkatan kualitas diri, dan agar bermanfaat bagi sesama dunia akhirat. Berharap menggapai Husnul Khotimah, dan taman surga terindah.

Related Posts

3 komentar

  1. Wah sama nih mbak, kita ngeresum materi kelas 😂 salam kenal mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya salam kenal jg yaa..thanks 😊🤗

      Hapus
    2. iya salam kenal jg yaa..thanks 😊🤗

      Hapus

Posting Komentar