Teach Write Learn

 

Hari Blogger Nasional yang Penuh Makna

 

Dari Kota Sukabumi, yang akhir-akhir ini gerimis sering berubah menjadi hujan deras, aku yang baru saja pulih dari operasi tumor sedang terbangun kembali untuk blogging. Operasi? Wow ternyata bagiku kata-kata itu kurang spektakuler bila dibandingkan dari kenyataan ada kata-kata spektakuler lain yaitu ada hari istimewa di 27 oktober ini Guys. Yups, 27 Oktober merupakan Hari Blogger Nasional yang penuh makna bagiku.

 

Kalian tau ga sih beberapa hari lalu aku ngerasain hentakan jiwa penuh semangat. Diawali dari terbangun dengan perasaan antusias setelah terkapar lemah dampak operasi tumor itu. Terlebih ketika melihat notifikasi yang masuk di WhatsApp group Blogspedia Coaching for Newbie, yang melihat peserta beramai ramai mengucapkan selamat hari blog. Dan baru tersadar 27 oktober itu ternyata adalah Hari Blogger Nasional.

 

Dalam rangka merayakan Hari Blogger yang secara resmi ditetapkan di tanggal 27 Oktober, ada acara Maraton Coaching dari Growthing.id yang bekerja sama dengan BRT Network. Namun sayangnya ditengah ketidakberdayaanku dari dampak operasi tumor membuatku hanya bisa mendapat pengganti tugas meresume dan termasuk tulisan ini. Jadilah event itu terlewatkan begitu saja.

 

Hasil pantauanku di WAG sepertinya Materi yang diberikan dalam marathon coaching sangat menarik sehingga membuatku semakin menggebu untuk menekuni blogging kembali, setelah sekian purnama terhenti. Meski beberapa hari terakhir ini ketidakberdayaan menyelimutiku karena harus benar-benar istirahat di masa pemulihan operasi tumor. Namun aku pun ingin merayakan momen berharga ini meski dengan hal sederhana. Dengan mengisahkan kronologi awal muasal saya menulis di dalam blog.

Caraku Merayakan Hari Blogger Nasional

 

Setelah mendengar informasi mengenai datangnya Hari Blogger Nasional, ternyata belum mampu untuk menggerakkan ragaku menyentuh laptop. Namun aku tetap memantau WAG kelas blogspedia mba Marita Ningtyas. Meski ada beberapa chat penting yang hilang terhapus dengan sendirinya karena HP kepenuhan file hingga akhirnya terinstal ulang, namun tetap ku bertanya baik itu dari anggota WAG maupun coach tercanggih kita mba Marita Ningtyas mengenai penugasan dan hal-hal lain terkait hari blog nasional, yang tak lain masuk dalam penugasan resume.

 

Namun hari-hari berikutnya sesuatu yang indah berkata kepada hatiku agar momentum ini tidak boleh kulewatkan begitu saja. Bagiku, hari ini adalah kenangan yang harus kuabadikan dalam tulisan. Setelah sekian pergantian musim merasa kehilangan semangat dari dunia per-blogger-an, tidak menyangka aku merasa menemukan kesempatan yang luar biasa.Terutama bersyukurnya ikut kelas mba Marita Ningtyas. Terimakasih mba Marita 😊

kali ini seakan mendapat dukungan dari penjuru alam untuk lebih menekuni dunia blog. Meskipun tak dipungkiri saat ini jumlah blogger tidak seheboh di awal-awal kemunculannya dulu, aku tidak peduli. Hal yang saat ini kupusatkan raga dan pikiranku hanyalah bagaimana agar dunia blogku kembali menyala. Aku yakin blog ini adalah tempat yang tepat yang sangat layak dalam menampung tulisan-tulisanku. Dimana menulis adalah hobi utamaku dari sekian hobi-hobi pengisi resah lainnya.

Sebagai ungkapan syukur akan kembalinya semangat nge blog ku dan juga untuk  merayakan Hari Blogger Nasional, aku ingin berbagi tentang kronologi awal muasal perjalanan menulis di dunia blog yang sudah kulakukan. Pencapaian yang kutempuh dalam dunia per-Blogg-an belumlah apa-apa, merangkak bahkan terseok. Namun bagiku awal proses dan perjuangan tetap ingin eksis di dunia blog sangat penuh kenangan yang membuat semangat itu masih tetap ada.

 

Sebelum lanjut ke inti tulisan ini, ada baiknya kusarankan kalian membacanya sembari melakukan hobi lainnya guys. Mengapa? Hehe untuk mengantisipasi saja akan kekhawatiranku jika ternyata kamu tiba-tiba merasa hobi kamu harus beralih ke dunia blog sepenuhnya seperti aku karena saking asyiknya nge blog ini. Hahaha karena bisa jadi hobi kamu yang lainnya kuatir terlupakan Guys. So keep remember your another hobbies okay. Eits tapi tenang aja sih guys hobi nge blog ini tak akan menamatkan hobi yang lainnya kok, bahkan mungkin justru mendukung karena kalian bisa menuliskan hobi yang lainnya dalam blog ini, dan menjadi lebih bersemangat melakukan hobi lainnya itu, tuh betulkan…mendukung sekali😊

 

Tahun 2008 awal muasal pertama kali bikin Blog

Saat itu ada sebuah workshop untuk guru di tahun 2008 mengenai blog. Saya perwakilan dari sekolah mengikuti kegiatan tersebut. Alhasil jadilah blog pertama saya di tahun 2008 tepatnya di bulan oktober. Saat itu karena saya baru melahirkan anak pertama saya di 31 mei 2008 maka dengan usia bayi yang baru akan memasuki lima bulan terasa sulit untuk tetap konsisten menulis dalam blog.

 

Alhasil blog pertamaku hanya untuk menjajal saja bagaimana membuat blog. Bahkan setelah beberapa bulan bahkan dua tahun terlewati saya lupa akun email dalam membuat blog tersebut berikut password blognya, jadilah saya kehilangan akses masuk ke dalam akun pertama blog saya tersebut.

 

Tahun 2010 Memulai Blog kedua

Di tahun 2010 saya memulai membuat blog baru yang tentunya dengan akun gmail yang baru, karena syarat membuat blog sudah pasti harus ada akun gmail. Dan kejadian seperti 2008 awal saya membuat blog pertama kali terulang kembali. Untuk kedua kalinya saya terlupa akan akun email dan password masuk ke dalam akun blog saya. Jadilah hilang untuk kedua kalinya. Yang sangat disayangkan pada akun ini menggunakan alamat email blogspot dengan nama lengkap saya tanpa ada paduan angka dan sejenisnya. Jadilah tak ada kesempatan berikutnya untuk membuat alamat blog dengan nama lengkap tanpa paduan angka dan sejenisnya itu.

 

Blog di tahun 2015

Di tahun 2015 ada pelatihan online yang saya ikuti. Kali ini saya memulainya dengan hati-hati dan menyimpan semua akun gmail serta akun blogspot saya pada buku kecil dan berusaha membuat akun gmail serta alamat blogspot yang mudah saya ingat. Alhasil akun 2015 ini bertahan hingga sekarang dan saya masih gunakan bahkan dalam pelatihan di kelas mba Marita Ningtyas pun saya tetap mempergunakan akun ini agar mendapat perubahan-perubahan indah di dalamnya dengan sentuhan-sentuhan ilmu dari mba Marita Ningtyas.

Akun blog lain saya di 2019 akhir

Di penghujung tahun 2019 saya menyempatkan diri mengikuti pelatihan online kembali. Kali ini saya membuat akun blog dengan akun gmail yang berbeda dari sebelumnya di tahun 2015. Oleh karena itu saya kini mempunyai dua akun yang aktif yang dibuat sejak tahun 2015 yang kini saya masih lanjut. Dan yang akun kedua di 2019 akhir dengan akun gmail berbeda dengna isi blog mengenai materi-materi khusus pelajaran ips smp/mts dimana saya mengajar pelajaran ips terpadu pada SMP/MTs.

 

Akun Blog saya kini

Jadi akun blog saya kini di tahun 2020 dan berharap akan terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya yaitu ada dua akun blog. Yaitu akun blog yang saya buat di tahun 2015 dan yang saya buat di tahun 2019. Di tahun 2015 berisi tentang edukasi namun lebih banyak pembahasan di dalamnya. Sedangkan blog di tahun 2019 akhir itu lebih kepada materi pelajaran IPS Terpadu yang dikhususkan untuk murid-murid saya di sekolah.

Begitulah kronologis saya dalam perjalanan membuat sebuah akun blog yang penuh jatuh bangun karena penyakit yang taka da obatnya yaitu penyalit lupa, lupa akun gmail dan lupa password blog. Dengan bercerita kenangan tersebut membuat hari Blogger nasional yang penuh makna ini menjadi semakin lebih bermakna di hatiku. Salam bahagia selalu 😊

 

Maulina Ismaya Dewi
Seorang ibu dari tiga orang anak, dan guru di sekolah yang mencintai dunia literasi. Pembelajar yang terus belajar untuk peningkatan kualitas diri, dan agar bermanfaat bagi sesama dunia akhirat. Berharap menggapai Husnul Khotimah, dan taman surga terindah.

Related Posts

Posting Komentar