Teach Write Learn

 

Memasak Indah Harus Tenang dengan Persiapan Jiwa Raga

3 komentar

 

Memasak Indah Harus Tenang


Memasak indah harus tenang dengan persiapan jiwa raga, hal tersebut sangat diperlukan. Dua hari yang lalu disetiap pagi menuju siang seperti biasanya aku memasak. Biasanya kalau malas menyerang membuat aku merubah niat memasak menjadi membeli go food atau membelinya di warung-warung masakan terdekat saja. Hari itu hawa terasa panas dan aku kebetulan kurang tidur setelah semalaman mengerjakan tugas pelatihan online yang tertinggal.

Dan pikiran-pikiran bercabang dengan tugas lainnya. Dan salah satu pikiran yang membara yaitu masih mencari-cari nama yang tepat untuk domain kelak sesuai blog impian. Juga masih tetap menghayati etika atau adab dalam nge-blog agar blog ku berjalan baik. Terlihat Jiwaku sepertinya sedang gak siap memasak. Namun entah mengapa perasaan ingin memasak saja daripada membeli jadi mulai terpicu ketika melihat daging ikan di freezer yang hampir seminggu belum sempat diolah. Bayangan indah memakan masakan ikan pun berseliweran di otakku.

Setelah selesai mengolah perkedel lantas aku menggorengnya dengan penuh semangat karena anak kedua mencium aroma perkedel dan memintanya untuk cepat selesai menggoreng karena ingin segera mencicipinya. Aku pun dengan sigap menggoreng dan dengan cepat menyelesaikan. Rasa kantuk menyerang membuat terpikir untuk mengolah oseng-oseng tempe buncis terlebih dahulu.

Ikan yang niatnya akan digoreng setelah menggoreng perkedel kandas dilakukan karena ngantuk dan ingin langsung menumis saja. Rasa ngantuk teramat terasa. Terlihat Ragaku kelelahan dan tidak siap memasak. Ya ternyata selain jiwaku yang gak siap ternyata ragaku pun ikut ambil bagian atas ke-tidaksiapan-nya.

Niat ku setelah menggoreng perkedel langsung menumis oseng-oseng tempe dan buncis, tentunya minyak dikurangi untuk menumis. Dengan masih menggunakan penggorengan yang sama maka kukurangi volume minyak bekas goreng perkedel agar lebih sedikit untuk menumis. Dan tanpa disadari entah karena ngantuk atau lelah menyelimuti, minyak yang berhasil kuambil yang kusimpan dalam mangkok melebihi kapasitas, entah mangkoknya yang terlalu kecil atau minyaknya yang kebanyakan, intiya sedikit cipratan mengenai tangan kanan.

Alih-alih berhasil mengurangi volume minyak sebelumnya dalam penggorengan, karena kaget ada cipratan yang mengenai tangan kanan maka minyak yang telah tertampung di mangkok itu malah mengguyur tangan kiriku, sontak aku kaget lalu buru-buru menyalakan kran air di wastafel cuci piring untuk mengguyur telapak tanganku dengan air. Dan aku pun seketika teringat dengan minyak Herba Jawi atau Mahasin atau dengan nama lainnya lagi ada yang menyebutnya minyak But-but.

Memasak Indah Harus Tenang dengan Minyak  yang Ajaib

Memasak Indah Harus Tenang


Memasak indah harus tenang dengan persiapan jiwa raga tak luput dari persiapan minyak Herba Jawi. Awalnya tak saya rasakan apa-apa akan minyak yang mengguyur hampir seluruh telapak tangan kiriku itu. Setelah selesai mengguyur dengan air lalu mengoleskan dengan minyak Herba Jawi, beberapa menit kemudian mulai terasa sengatan-sengatan panas. Tangan panas dan seperti di sayat-sayat pisau. Saya pun berusaha mengipas telapak tangan saya agar tidak terlalu terasa sakit. Minyak ini nyatanya membuat tangan saya menjadi lebih baik. Tidak terlalu merasakan kesakitan yang sangat itu.

Dari kejadian tersebut membuat saya bersyukur ada minyak ini. Dengan beragam peristiwa lainnya selain tersiram minyak pun aku pernah mengalami kesembuhan akibat luka yang menurutku sungguh ajaib untuk ukuran sebuah minyak. Minyak ini nyatanya mampu membuatku sembuh dengan beragam luka yang pernah aku alami. Jadi memasak tetap berjalan. Oh iya dengan tangan sakit tetap hobi nulis di blog jalan terus donk, karena bagi ku menulis ini merupakan alasan kuat nge-blog.

Saat saya selesai menjalani operasi saya pun mengoleskan minyak ini ke luka bekas jahitan operasi, alhasil keringnya menjadi lebih cepat. Karena luka operasi ada pada bagian yang lembab yaitu di bokong maka awalnya membuat kekhawatiran saya karena dokter menyuruh agar luka operasi jangan sampai basah atau harus diusahakan tetap kering. Namun dengan adanya minyak ini membuat aku lega bercampur senang karena luka pun cepat pulih.

Memasak tenang dengan persiapan minyak ajaib herba jawi membuat bunda-bunda di rumah selain tenang dapat memberikan aura tersendiri. Konon jika kita memasak dengan hati yang tenang maka otomatis kita pun senang untuk melakukannya kan? Senang disini tentunya sudah sepaket dengan hasil yang indah ya. Wah ternayta tak hanya ada bobo indah ya tapi juga ada memasak indah ya guys 😊

Adapun khasiat minyak Mahasin ini adalah sangat beragam, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1.      Dapat dibalurkan jika : terkena minyak panas, terkena knalpot, tergigit serangga, luka jatuh, luka berdarah, luka bakar, gatal-gatal/eksim, benjol, demam, jerawat, wasir

2.      Di tetes untuk sakit mata dan telinga

3.      Dapat diminum untuk sakit tenggorokan, BAB bermasalah, perut kembung, sembelit, mencret, batuk, maag, diare.

4.      Dengan digosok untuk reumatik, terkilir, keseleo, encok, pijat/urut

Trik pertolongan pertama dalam keadaan darurat jika tersiram minyak panas

1.      Segera banjur tangan dengan air mengalir agar minyak yang menempel tersapu aliran air, lakukan agak lama

2.      Oleskan atau banjur dengan minyak mahasin tanpa menyentuhnya

3.      Pisahkan luka bila menempel pada baju

4.      Mengipas-ngipas tangan yang luka jika dirasa sakit sambl tersu dioleh minyak mahasin, dan jangan biarkan minyak mahasin terseka atau hilang. Bila hilang maka banjur lagi tanpa menyentuh kulit yang tersiram minyak. Hal tersebut agar permukaan yang terkena luka minyak panas tidak menggembung, dan kalaupun mneggebung tidak terlalu besar dan akan cepat terkelupas lalu mengeletek dan kulit kembali seperti semula.

5.      Jangan digunakakn untuk aktifitas untuk sementara waktu hingga minimal dua hari

 

Minyak Herba Jawi ini merupakan minyak herbal terbuat dari bahan-bahan alamiah. Sehingga membuatnya menjadi berkhasiat dengan baik. Seperti yang terdapat dalam ayat alquran sebagai berikut :

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; Karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (Albaqoroh : 168)

 

Demikian untuk mencapai tujuan dari memasak indah harus tenang dengan persiapan jiwa raga maka sudah selayaknya bagi kita berusaha meraihnya salah satunya dengan mempersiapkan minyak mahasin untuk berjaga-jaga bila terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan. Sehingga diharapkan semua baik-baik saja. Jangan lupa berkunjung ke instagram saya ya

Maulina Ismaya Dewi
Seorang ibu dari tiga orang anak, dan guru di sekolah yang mencintai dunia literasi. Pembelajar yang terus belajar untuk peningkatan kualitas diri, dan agar bermanfaat bagi sesama dunia akhirat. Berharap menggapai Husnul Khotimah, dan taman surga terindah.

Related Posts

3 komentar

  1. Saya pun begitu. Kalau capek lebih pilih istirahat. Masaknya kalau badan udah fit.

    BalasHapus
  2. Wah hebat banget minyaknya multi fungsi😍

    BalasHapus
  3. Meski baunya nggak begitu suka tapi memang minyak ini harus ada sih di kotak P3K, fungsinya banyak banget.

    BalasHapus

Posting Komentar