Teach Write Learn

 

Langkah-langkah Dasar Dalam Membuat Blog Impian

1 komentar

 


Langkah-langkah Blog Impian
 

Setelah membaca materi kelas Blogspedia Coaching for Newbie yang dimentori Kak Marita Ningtyas mengenai cara mudah membuat blog di blogspot maka hasil resume saya akan saya kaitkan untuk mewujudkan blog impian dengan di dasari dari materi tersebut, yaitu dengan memenuhi langkah-langkah dasar dalam membuat blog impian.

Sesuai judul dimana dalam membuat sebuah blog tentunya kita menginginkan blog tersebut sesuai keinginan dan impian kita bukan? Tentunya untuk memulainya harus kita kuasai dasar-dasarnya terlebih dahulu. Dimana jangan sampai terlewatkan, OK, cekidot 😊    

Adapun dalam menguraikan poin-poin dasarnya saya akan menggunakan contoh blog yang saya buat. Atau lebih tepatnya sesuai judul artikel yaitu blog impian saya, yaitu sebagai berikut uraiannya.            

Niche blog saya adalah tentang Dunia Pendidikan baik itu Pendidikan yang akan saya berikan kepada siswa-siswi saya maupun kepada anak-anak saya yaitu dengan mengajar yang termasuk di dalamnya adalah mendidik. Dan bagaimana saya juga dapat menyalurkan hobi menulis saya dengan menuliskan apa yang akan saya ajarkan ataupun menulis tentang kehidupan. Belajar kehidupan, belajar sepanjang hayat. Yang tentunya saya yang berprofesi sebagai seorang guru haruslah selalu belajar untuk meningkatkan kualitas diri untuk membuat hidup ini menjadi lebih bermakna atau kata lainnya lebih bermanfaat untuk bangsa, agama dan sesama.

1.    Judul

Adapun blog saya telah saya beri judul yaitu Teach, Write & Learn

Maknanya yaitu berisi tentang dunia mengajar, menulis dan belajar. Judul ini sudah mewakili siapa saya dimana saya adalah seorang guru dan seorang ibu yang tugasnya mengajar. Dan hobi saya yang suka menulis dan suka belajar banyak hal, terutama belajar kehidupan. Long life education.

 

2.    Tag line

Kunci Kebermaknaan Hidup

Maknanya yaitu berisi tentang hidup yang harus bermanfaat. Hidup yang bermakna baik bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Dengan tag line ini diharapkan menjadi pemicu semnagat saya yang merupakan seorang guru dalam menjalani rutinitas harian dengan penuh semangat dan suka cita.

 

3.    Meta Deskripsi

Blog ini menceritakan tentang dunia Pendidikan terutama mengupas perihal Teach (Mengajar), Write (Menulis) and Learn (Belajar). Status saya yang seorang guru tentunya tidak jauh-jauh dengan dunia mengajar dan mendidik. Mengajar mata pelajaran ataupun mendidik karakter siswa di sekolah maupun anak di rumah. Membahas cara menyampaikan bahan ajar atau pengajaran seperti dengan video pembelajaran ataupun media lain. 

Dan saya seorang guru yang menyukai hobi menulis sehingga saya pun memasukkan unsur menulis (Write) di dalamnya. Dengan memasukkan kegiatan-kegiatan menulis dalam suatu komunitas kepenulisan ataupun cara-cara serta perihal yang berkaitan dengan dunia tulis menulis. Dan tentunya dunia literasi karena saya juga sebagai penggerak literasi di sekolah maupun di masyarakat. Yang tentunya juga harus berliterasi dalam keluarga yang merupakan poin utama dalam dimulainya sebuah literasi.

 

Adapun mengenai Learn (Belajar) saya sebagai seorang guru harus juga dituntut banyak belajar agar dapat memberi makna yang lebih mendalam untuk disampaikan kepada para murid ataupun lingkungan sekitar kita. Dengan banyak belajar seperti mengikuti kegiatan-kegiatan positip membangun kualitas diri dan menambah ilmu serta pengalaman dan silaturrahim dengan beragam karakter manusia.

 

Dalam hal ini terutama belajar kehidupan, long life education. Sehingga diharapkan akan memberi manfaat dan makna yang mendalam dalam kehidupan. Oleh karena itu tag line yang saya berikan yaitu Kunci Kebermaknaan Hidup, dimana dengan Teach, Write and Learn maka kita sudah mempunyai kunci agar hidup ini lebih bermakna, dengan kata lain lebih bermanfaat. Baik bermanfaat untuk diri saya sendiri ataupun lingkungan sekitar, bermanfaat untuk bangsa, agama, dan sesama.

 

4.    Logo

 

 

 

 

 

 

 

 

Makna yang terdapat dalam logo ini sesuai gambar yaitu buku dan laptop yaitu menyimbolkan akan kegiatan mengajar, menulis dan belajar, dimana jam menunjukkan keutamaan waktu serta bunga menyimbolkan hal-hal yang indah menyenangkan yang kita sukai. Sehingga keseluruhannya menyiratkan bahwa mengajar, menulis serta belajar harus menjadi sebuah rutinitas yang menyenangkan yang menjadi rutinitas keseharian yang merupakan pembelajaran sepanjang hayat untuk mencapai kebermaknaan hidup atau manfaat yang akan terus mengalir sepanjang waktu.

 

5.    Header

Makna yang terdapat dalam Header tersebut tentunya dalam kegiatan mengajar, menulis dan belajar harus selalu menjadikan hidup ini lebih bermakna. Dan kesemuanya ini pada akhirnya adalah kunci kebermaknaan hidup.

 

6.    Label/Kategori yang akan ada di dalam blog saya yaitu tentunya mencakup semua judul saya yaitu :

-       Teach (yang berisi cara mengajar maupun materi-materi atau bahan ajar saya)

-       Write (Berisi dunia kepenulisan seperti komunitas FLP (Forum Lingkar Pena), Dunia literasi seperti GPMB (Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca) ataupun hasil workshop kepenulisan)

-       Learn (Berisi tentang sharing ilmu dari diklat-diklat yang saya ikuti ataupun workshop-workshop umum tentang dunia kependidikan)

 

7.    Domain

Domain yang saya inginkan yaitu www.maulinaismayadewi.com atau agar lebih ringkas lagi menjadi www.maiadewi.com.

 

8.    Template Impian

Desain yang saya inginkan sederhana namun dengan warna yang terang dan cerah ceria seperti pink, kuning ataupun warna yang sejuk dipandang seperti hijau toska ataupun krem muda serta peach.

Dengan tulisan yang mudah dibaca namun memiliki ciri khas tulisan bergaya komik atau gambar-gambar komik yang tidak selalu formal, agar tidak terlalu kaku. Sehingga diharapkan akan menjadi daya tarik tersendiri.

 

9.    Portofolio

Masukkan portofolio kita di dalamnya. Disini saya memasukkan kegiatan-kegiatan seputar literasi. Dan beberapa karya yang akan dan sedang kita buat yaitu sebagai contoh sederhananya sebagai berikut :

Maia Dewi adalah nama pena. Nama panggilan Maya. Adapun nama lengkap yaitu sesuai nama domain blog Maulina Ismaya Dewi. Berprofesi sebagai guru IPS. Menyukai dunia tulis menulis. Dan sebagai penggerak literasi. Bergabung dalam komunitas kepenulisan yaitu pengurus FLP (Forum Lingkar Pena) Kota Sukabumi dan sebagai penggerak literasi yaitu sebagai ketua GPMB (Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca) Kota Sukabumi. Pendiri Taman Baca Masyarakat atau TBM Akasia Kota Sukabumi, serta pendiri Komunitas Ku Gemar Baca Kota Sukabumi.

 

Karya Tulis yang di Bukukan dan yang akan segera di bukukan

·         Buku  Antologi Kumpulan Puisi. Judul : Inilah Cinta (2015)         

·         Buku Antologi Kumpulan Puisi. Judul : Syair Biru (2016)                              

·         Buku Antologi Kumpulan Cerpen. Judul : Apa Kabar Cinta (2017)           

·         Beberapa Hasil karya fiksi (puisi, cerpen, cerbung) dan non fiksi (artikel, opini) dalam majalah Jurnal sastra aksara ber ISBN (2015-2017) dan sebagian di koran lokal serta majalah jurnal Perpustakaan nasional

·         Novel single (Sedang dalam proses di penerbit major)

·         Buku pengayaan fiksi anak SMP/MTs (Sedang dalam proses)

·         Buku motivasi single (Sedang dalam proses penulisan)

 

Setelah menentukan poin-poin tersebut berarti kita sudah menjalankan langkah-langkah dasar dalam membuat blog impian. Selamat membuat blog impian kalian guys. Terimakasih terdalam kepada mba Marita Ningtyas yang telah memotivasi dan menjadi menthor terindah. 😊

Referensi:
Blogspedia Coaching Batch 1 bersama Marita Ningtyas

 

 

 

Maulina Ismaya Dewi
Seorang ibu dari tiga orang anak, dan guru di sekolah yang mencintai dunia literasi. Pembelajar yang terus belajar untuk peningkatan kualitas diri, dan agar bermanfaat bagi sesama dunia akhirat. Berharap menggapai Husnul Khotimah, dan taman surga terindah.

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar