Teach Write Learn

 

Ayu Ting ting dengan Lagu "Tatitut" Merasa Sulit dengan Lirik Jawa

7 komentar

 
Ayu Ting ting dengan Lagu Tatitut

Ayu Ting ting dengan Lagu ‘Tatitut” Merasa Sulit dengan Lirik Jawa. Ayu tingting yang selalu menjadi viral dengan berita-beritanya di media sosial kali ini turut pula menjadi tranding topik dengan lagu terbarunya. Setelah dahulu di masa awal-awal kemunculannya viral dengan lagu Alamat palsunya, kini Ayu dengan kesekian lagu-lagunya yang juga banyak yang viral mampu kembali menggapai tranding topik di youtube.

Single terbaru penyanyi dangdut asal kota Depok yang cantik dan imut yaitu Ayu Ting Ting berjudul “Tatitut” menjadi tranding di youtube. Lagu terbaru Ayu tersebut sukses menduduki peringkat ketiga dalam jajaran tranding youtube di hari ketiga perilisan albumnya. Ayu pun merasa bersyukur telah berhasil membawakan lagu tersebut. Ayu sangat selektif dalam memilih atau menerima tawaran sebuah lagu, termasuk lagu yang tranding saat ini.

Pembawaan Ayu yang cukup selektif menerima sebuah tawaran lagu, menyebabkan membuatnya cukup lama dalam mengeluarkan album-album terbarunya. “Senang lah, alhamdulillah. Aku tuh ngeluarin single jaraknya jauh-jauh, karena aku kalau milih lagu enggak pernah mau ngasal. Harus benar-benar yang sreg enggak asal,” Kata Ayu dalam konferensi pers virtual pada iNews.id, Rabu (4/11/2020).

Tak hanya itu, Ayu pun mengaku bahwa dirinya memang menyukai tipikal lagu yang ringan atau simple dan bisa dinyanyikan semua orang. Tak heran, lagu ‘Tatitut’ dan beberapa karya milik Ayu tak pernah sampai gagal meramaikan belantika musik dangdut di Indonesia. Banyak yang sangat menyukai lagu-lagu Ayu di Indonesia.

Dengan beragam pembawaan yang Ayu persembahkan dalam setiap karakter dari lagu-lagu tersebut menyimpan ketertarikan tersendiri bagi para penyuka lagu dangdut di tanah air. Pembawaannya yang sederhana dan berpenampilan pakaian yang sopan dan tidak menyulut perhatian yang negatif membuat nilai lebih Ayu di mata para penggemarnya.

“Kalau aku selalu pengen membuat semuanya simple dan gampang, untungnya selalu dapat lagu yang tantangannya tidak terlalu berat. Karena memang lagu aku tipenya yang bisa dinyanyikan semua orang.” Ujarnya. Menurut penyanyi yang tinggal di Kota Depok dan kelahiran 20 Juni 1992 ini, lagu ‘Tatitut’ yang dibawakannya merupakan sebuah ungkapan manja dari seseorang untuk kekasihnya.

Lebih dari itu, ‘Tatitut’ menceritakan soal kekhawatiran dan kegelisahan seseorang terhadap kekasihnya. “Lagu ini sebenarnya manja, kekhawatiran dan kegelisahan dia dengan pacarnya. Dia mengungkapkan kemanjaannya sama pasangannya,” ujar Ayu menjelaskannya seperti yang diungkap dalam Website iNews.id. 

Ayu Ting ting merupakan orang Betawi, dimana ia kelahiran Depok yang notabene merupakan tempatnya silsilah orang-orang Betawi. Ayu memiliki nama asli Ayu Rosmalina. Ia merupakan anak sulung dari pasangan Abdul Rozak dan Umi Kalsum. Sejak kecil, saat usia Ayu 4 tahun, Ayu sudah mulai mengenal lagu dangdut, dalam keluarganya ia sangat mengenal lagu dangdut.

Tak heran bila dalam perkembangannya, Ayu sangat menyukai dan hafal lagu-lagu dangdut. Ia pun mulai mencoba menyanyi sejak kecil dan bukan sekedar hobi namun berkarier lewat lagu-lagu dangdut. Ayu sangat di dukung oleh pihak keluarga dalam mengembangkan kariernyanya yang tak lain hobinya pula ini.

Dari mulai bernyanyi di acara pernikahan saat ia berusia 14 tahun hingga Ayu rutin bernyanyi dari panggung dengan bayaran yang sangat murah, konon sekali tampil ia hanya dibayar 250 ribu rupiah, bahkan sampai sawerann pun ia pernah melaluinya. Namun ia tetap gigih memperjuangkan kariernya dibantu ibunda tercinta.

Ayu Ting ting dengan Lagu "Tatitut" Orang Betawi yang Bernyanyi Lirik Jawa

Ayu Ting ting Bernyanyi Lirik Jawa

Ayu Ting ting dengan Lagu ‘Tatitut” Merasa Sulit dengan Lirik Jawa. Dalam lagu terbarunya ini diketahui, terdapat sebuah bagian dari lagu “Tatitut” yang mengharuskan Ayu untuk menyayikan lagu tersebut dalam bahasa Jawa. Hal ini diakui Ayu cukup menjadi kendala untuknya. Terlebih lagi, Ayu tidak memiliki keturunan darah Jawa. Hal tersebut membuatnya kesulitan dalam melafalkan kata-kata berlogat Jawa dengan tepat. Namun tentunya Ayu berusaha semaksimal mungkin menyanyikannya.

“Pas bagian lirik berbahasa Jawa, karena aku kan bukan orang Jawa. Jadi, pengucapannya harus benar biar artinya juga enggak salah,” kata Ayu. Meski begitu, Ayu mengaku tetap berusaha mempelajarinya dengan baik sebelum proses rekaman dilakukan. Sebab, Ayu ingin menyanyikan seluruh lagunya dengan baik dan benar, terutama pada lirik berbahasa Jawa tersebut. “Di hari itu juga lah, beberapa jam karena kan gak mudah juga. Itu kan bahasa daerah, jadi kita harus bikin se-perfect mungkin,” ujar Ayu.

Pentingnya bisa beragam Bahasa

Seperti yang Ayu Ting-ting lakukan, bahwa ia berusaha sebisa mungkin untuk melakukan yang terbaik untuk bisa memerankan dirinya sebagai seorang penyanyi yang baik dengan menggunakan bahasa Jawa meski ia seorang Betawi. Tak hanya di dunia penyanyi, dalam peran sebuah film pun diperlukan seorang aktor maupun aktris yang siap pakai di industri per-film-an dengan memerankan adat istiadat ataupun bahasa yang di luar bahasa keseharian sang actor maupun aktris tersebut.

Hal tersebut tentunya menjadi sebuah pertanda bahwa ragam bahasa apapun sebaiknya kita berusaha untuk setidaknya memahami arti meski mungkin untuk pelafalannya diperlukan pemahaman lebih mendalam begitupula dengan logat yang harus menempel dalam beragam bahasa tersebut.

Manfaat Bila Kita Memiliki Kemampuan Beragam Bahasa

Melihat dari kesuksesan yang Ayu raih dalam dunia hiburan tanah air, tak pelak menimbulkan suatu keunggulan tersendiri jika kita bisa beragam bahasa. Baik bahasa asing maupun bahasa daerah. Maka tidak hanya di dunia hiburan, akan tetapi dalam pekerjaan lainnya pun bnayak sekali keutamaan yang mengharuskan seseorang memiliki kemmapuan beragam bahasa. Adapun keunggulan bila kita  memiliki beragam bahasa yaitu sebagai berikut :

1.      Meningkatkan kemampuan kognitif

Tentunya dengan menghafal banyak kosa kata membuat otak kita terus berusaha mengingat dan itu membuat kemajuan dalam cara berpikir. Selain kemajuan kognitif yang dapat ditingkatkan dari beragamnya bahasa, adapun pembahasan lebih mendalam mengenai hal kognitif ini dapat kita baca juga di artikel Sudah Belajar Tapi Nilai Jelek.

2.      Meningkatkan rasa percaya diri

Dengan memiliki kemampuan beragam bahasa memberi nilai lebih tersendiri terutama dalam pergaulan. Kita akan menjadi banyak teman yang beraneka ragam bahasa, dan tentunya kita akan selalu percaya diri mengungkapkan hal-hal dnegan kemampuan berbahasa kita.

3.      Meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan

Tentunya seperti yang Ayu Ting-ting lakukan membuat dirinya mendapat tawaran dengan lagu yang ada lirik Jawanya sehingga peluang mendapatkan lagu tersebut besar.

4.      Membuka kesempatan untuk bekerja di perusahaan multinasional

5. Tentunya dengan beragam bahasa yang kita miliki membuat banyak peluang pekerjaan yang menggunakan bahasa selain bahasa yang kita gunakan sehari-hari.

6.      Membuka kesempatan bekerja di luar negeri

Dengan memilik kemampuan beragam bahasa terlebih bahasa asing, tentunya membuka peluang kita untuk dapat bekerja di luar negeri.

7.      Mengembangkan usaha

Dengan kemampuan bahasa yang kita miliki membuat perluasan usaha kita bisa semakin cepat dikembangkan di luar kota ataupun negara, karena tentunya kita dapat dengan lebih mudah bernegosiasi ataupun mempromosikan usaha kita.

Dengan demikian ternyata kemampuan bahasa sangatlah diperlukan. Inilah mengapa saya suka menulis dalam blog seperti yang saya katakan dalam artikel saya dimana saya akan memberi motivasi untuk manfaat. Bila dilihat dari Ayu Ting ting dengan Lagu ‘Tatitut” Merasa Sulit dengan Lirik Jawa, maka bila kita berusaha mempelajari dan mencobanya maka akan kesuksesan yang kita raih. Bagaimana menurut pendapat kalian guys? Semoga kalian jadi ikut terpicu untuk mempelajari beragam bahasa ya, terutama bahasa dari daerah-daerah kita sendiri di Indonesia. Lebih baiknya bahasa asing pun ikut dipelajari ya guys. Ok semangat dan lebih giat memperkaya pergaulan dnegan beragam bahasa. Jangan lupa selalu kunjungi maiadewi's Blog.

 

Referensi :

https://www.inews.id/

https://www.jagodangdut.com/

Maulina Ismaya Dewi
Seorang ibu dari tiga orang anak, dan guru di sekolah yang mencintai dunia literasi. Pembelajar yang terus belajar untuk peningkatan kualitas diri, dan agar bermanfaat bagi sesama dunia akhirat. Berharap menggapai Husnul Khotimah, dan taman surga terindah.

Related Posts

7 komentar

  1. Salut sama artis ini, salah satu artis yang dihujat banyak orang tapi tetap berkarya :)

    BalasHapus
  2. Ternyata orang Depok ya, kirain orang Jawa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. iya ayu ting ting orang depok sama dengan saya hihihi tadi sy jawabnya ngelindur malah jelasin yang sy.. :D

      Hapus
  3. awalnya denger tatitut mesti diulang-ulang dulu biar lidah gak keseleo wkwk

    BalasHapus

Posting Komentar