Teach Write Learn

 

Penampilan Template Blog Aman SEO Menyambut 2021

9 komentar
Penampilan Tempate Blog Aman SEO


Assalamu’alaikum guys, apa kabarnya di penghujung 2020 ini? Kali ini aku akan membahas penampilan template blog aman SEO menyambut 2021, karena beberapa pekan ke depan kita sudah memasuki 2021. Semoga semakin semangat dalam menyambut 2021 ya 😊. Kali ini salah satu resolusiku di tahun 2021 yaitu akan lebih bersemangat lagi menata rumah blog ku. Dan tentunya kita persiapkan donk dari sekarang. Bersyukur ikut blospedia dengan coach mba Marita yang selalu support hal ini, mensuport untuk permak blog impian tentunya.

Tepat sekali kiranya tugas ini diberikan di penghujung 2020, dan untuk menyambut 2021 yang penuh harapan dan suka cita bahagia tentunya ya guys. Untuk kita-kita yang baru mengenal dunia ngeblog tentunya ingin sekali merubah suasana rumah blog kita menjadi lebih fresh. Dan tentunya kita akan mencoba mencari-cari template apakah kiranya yang cocok untuk rumah blog kita agar lebih baik penampakannya, dan tentunya agar SEO aman.

Di rumah blog ku yang awalnya tanpa ada hiasan tambahan itu merupakan asli bawaan tanpa permak mendalam. Sejak dari awal blog ku menggunakan template bawaan. Baiklah sebelum masuk ke template baru menyambut 2021 yang aman SEO kita coba urai dulu sekilas mengenai mengapa aku ganti template yang dulu kepada template yang aman SEO, ok check it out

Penampilan lama Blog dengan template bawaan

Penampilan Lama Blog


Penampilan template blog aman SEO meyambut 2021 terpikir menjadi sebuah resolusiku karena awal template blog ku tidak aman SEO. Desain dengan template bawaan blog ku di awal terlihat girly dengan nuansa pink. Sering ketika membukanya ternyata agak loading lama ya alias lola. Awalnya dulu itu aku gak terlalu paham akan SEO, terlebih makna kata SEO friendly. Namun bersyukurnya aku ikut kelas blogspedianya mba Marita Ningtyas yang sangat memaknai indahnya berbagi, dalam hal ini berbagi ilmu ya guys. Dengan arahan mba Marita dan teman-teman blogspedia menjadikan aku bertambah wawasan ilmu akan hal SEO ini.

Dari mba Marita aku mendapat banyak sekali ilmu penunjang untuk blogku tetap hidup. Nah karena template blog lamaku itu tidak SEO friendly, dan baru ku sadari sebenarnya hal tersebut ternyata telah diperjelas di webnya bahwa tidak ada tulisan SEO. Namun hanya mencantumkan responsive template. Karena penampilannya yang masih oke oke saja dimana heading tidak berantakan dan tergolong masih oke untuk dipandang makanya aku saat itu tetap menggunakan template bawaan ini.

Pada blog lama ku ini juga Ketika mengecek di meta META SEO Inspector tidak memunculkan deskripsi blog, sehingga Ketika akan men share tulisan ataupun blog di aplikasi chatting maka tak akan memunculkan deskripsinya. Meski sebenarnya masih bisa diperbaiki dengan kode agar deskripsi bisa muncul. Intinya kalua tulisan kita sudah memperhatikan kaidah SEO namun template tidak SEO friendly maka akan sangat disayangkan untuk dilanjut. Oleh sebab itulah aku ingin mengganti template blogku dengan yang ramah SEO dan kumasukkan sebagai salah satu resolusi terpentingku di 2021 yang tinggal menghitung beberapa pekan kedepan.

 

Menata Template Gratis SEO Friendly

Menata Template Gratis SEO Friendly


Untuk menata template gratis yang SEO friendly tentu akan terbayangkan betapa rumitnya ya guys. Tapi tenang guys, karena kita akan memilih template gratis yang SEO friendly namun dengan dokumentasi dan tutorial yang rinci dan detail. Terlebih lagi di sini aku bisa selalu bertanya kepada teman-teman di blogspedia dan dipandu oleh coach Marita. Tentunya harus usaha sendiri dulu ya sampai benar-benar mentok baru bertanya, oke check it out tentang fiksioner. Oiya untuk lebih jelas tentang SEO ini telah dijelaskan pada artikel istilah-istilah dalam ngeblog di postingan sebelumnya. 

Fiksioner adalah tema blogspot gratis yang cocok untuk digunakan oleh blog dengan semua tema seperti personal, berita, Pendidikan, Kesehatan, tutorial, dan lainnya. Dioptimalkan dari segi kecepatan loading halaman, SEO, dan posisi penempatan iklan yang strategis. Tentunya kita ingin mendapatkannya karena SEO friendly yang tentunya memenuhi kaidah-kaidah dalam nge blog seperti halnya kita juga harus memenuhi etika atau adab dalam nge blog.

Setelah sehari penuh bergelut dengan HTML jadilah blog baru fiksioner dengan tampilan yang lebih fresh karena bernuansa putih. Berbeda dengan tampilan awalan template blog bawaan yang berwarna pinky. Alhamdulillah meski masih banyak yang harus ditata ulang dan cek ricek kode html lagi, namun ini merupakan awalan perubahan yang menkjubkan. Seperti tak merasa kantuk Ketika sudah bergelut dengan html dan edit-edit template. Menyenangkan ditengah kesibukan emak-emak beranak tiga dimana si bungsu yang tidak bisa diajak kompromi untuk diam sejenak tak dekat-dekat mengganggu.

Untuk melakukan perjuangan mengganti template ini haruslah dilakukan praktek segera. Tak bisa dengan hanya membaca terlebih dulu, karena menurutku akan membuang-buang waktu jika dipahami tanpa langsung dilaksanakan atau dipraktekkan. Hal ini terjadi kepada diriku, terlebih jika tidak konsen dan sedang kelelahan akan menimbulkan kebingungan. OK jadi urutan panduan membuatnya yaitu :

-          - Baca modul panduan dan langsung dibarengi praktek

-         -  Siapkan mental yang sehat atau tidak dalam kelelahan

-      - Siapkan fisik yang kuat karena kalau sudah terlarut mengerjakannya dijamin ga bisa berhenti dan akan menyita waktu tidur kita hehehe

-         -  Mulai unduh template fiksioner di dalam web ini nih guys. 

-        - Memasang template fiksioner di blog kita (copas html fiksioner yang diambil dari ekstract lalu copy ke notebook kemudian copy ke html blog kita dengan terlebih dahulu menghapus html template bawaan awal, eiiitttts! Tunggu dulu, sebelum melakukan ini amankan atau backup template blog bawaan kita dengan cara klik tata letak lalu klok tanda kuning segitiga dan pilih backup lalu simpan dan bisa beri nama “back up template awal” agar file tidak susah dicari bila emmbutuhkannya Kembali nanti.

-       Setelah berhasil memasang template kita harus menata edit-edit template tersebut, mulai dari tema, tata letak maupun html yang harus teliti dan penuh kesabaran. Cek ricek Kembali dan harus bersabar mengulang copi paste koding dan teliti bila belum berhasil tersimpan. Hal tersebut harus dilalui dengan keberanian mencoba, kesabaran dan ketelitian tentunya. Berikut gambar before and after template blognya guys.

Before After Template Blog


Begitulah perjuangan mengganti template blog yang aman SEO guys, tentunya dengan template fiksioner yang oke punya, karena selain ada tutorial lengkap juga tampilannya oke. Masih ada beberapa PR yang harus aku kerjakan agar tampilan template fiksioner ini menjadi ebih baik lagi. Tetap sabar, teliti dan harus berani terus mencoba. Yang pastinya Kesehatan juga harus dijaga ya guys, siapkan selalu teh hangat dan camilan. Juga mental yang kuat agar konsentrasi bisa full karena butuh ketelitian tingkat dewa agar cepat kelar tanpa diulang-ulang. Selamat mencoba guys 😊

Maulina Ismaya Dewi
Seorang ibu dari tiga orang anak, dan guru di sekolah yang mencintai dunia literasi. Pembelajar yang terus belajar untuk peningkatan kualitas diri, dan agar bermanfaat bagi sesama dunia akhirat. Berharap menggapai Husnul Khotimah, dan taman surga terindah.

Related Posts

There is no other posts in this category.

9 komentar

  1. Alhamdulillah menyambut 2021 template blog sudah berubah ya mba😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdulillah, meski harus dibetulin sana sini cek html lg, semoga pas januari sdh oke templatenya aamiin

      Hapus
  2. Semoga semakin semangat ngeblognya yaa mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba aamiin yaa rabb, tp masih hrs diulik ulik lg cek cek html, semoga memasuki januari 2021 sdh oke aamiin, thanks ya mba

      Hapus
  3. Semangat mba!
    Jangan sampai keasyikan ngeblog terus lupa waktu mba :)

    BalasHapus
  4. Yeay alhamdulillah jadi makin cantik blognya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih perlu di ulik2 htmlnya mba, doakan awal 2021 sdh oke aamiin

      Hapus
  5. semoga awal 2021 tampilannya tambah rapi dan kece

    BalasHapus

Posting Komentar