Teach Write Learn

 

Cara Aman Menyimpan Sayuran Dalam Kulkas

3 komentar

Cara Menyimpan Sayuran Dalam Kulkas

Assalamualaikum guys ketemu lagi di episode dapur mania nih, namun kali ini bukan episode memasak guys, kali ini kita akan membahas cara aman menyimpan sayuran dalam kulkas. Lalu bagimana nih cara sehat dan tepat dalam menyimpan atau menaruh sayuran yang memang terkadang dibutuhkan waktu yang lama dalam penyimpanannya. Pastinya bila stok sayuran untuk satu minggu atau sampai kurang lebih dua minggu maka melakukan hal-hal ini akan aman untuk sayuran kita guys.

Hal ini penting bagi anak-anak kita apalagi jika masih kecil dimana membutuhkan asupan nutrisi dari sayuran yang sehat ya guys. Jadi dengan menjaga nutrisi yang ada dalam sayuran yang melalui proses penyimpanan kulkas so pasti menjaga nutrisi anak-anak kita guys. Meski menyimpannya harus di jaga nutrisinya tentu cara pengolahannya pun juga tak luput dari kewaspaan hilang nutrisi ya guys, nah ini mungkin di artikel berikutnya saja ya guys untuk soal menjaga nutrisi sayuran ketika diolah.

Terlebih jika kita sebagai seorang wanita yang banyak kegiatan outdoor lainnya yang harus kita lakukan. Atau seorang wanita karier yang tak hanya memantau seharian pekerjaan rumah namun harus juga melakukan pekerjaan kariernya tersebut, sehingga tak bisa dihindari kita harus punya persiapan stok sayuran jikalau kita tak sempat dadakan pergi ke warung di saat-saat yang mendesak. Sehingga kita bisa mengolah sayuran yang ada di kulkas kapanpun waktu yang kita sempat.

Langkah-langkah penyimpanan aman dalam kulkas
Nah dengan cara aman menyimpan sayuran dalam kulkas ini, dan dengan adanya stok dalam kulkas akan meringankan separuh rutinitas wanita karier yang memang sudah kodratnya harus juga mengenal dapur dengan segala urusan persayurannya ya guys. Sebaiknya loh, ga memaksa juga sih kalau wanita harus kenal urusan dapur, hanya saja ya minimal sebaiknya tahu dan memahami, hehe karena ada juga yang memang super sibuk gak bisa melongok kulkas sedikitpun ya. Lalu apa saja sih yang harus kita lakukan agar sayuran yang kita taruh atau simpan itu tetap aman dalam jangka lama, ok Check it out 😊

Langkah Aman Penyimpanan Dalam Kulkas
1. Persiapkan container untuk penyimpanan

Persiapkan Kontainer Untuk Penyimpanan

Nah, untuk yang satu ini tentunya bisa membelinya sesuai selera kita guys. Namun alangkah lebih baiknya kalau ingin berhemat maka kita bisa menggunakan sisa wadah suatu tempat. Misal wadah bekas es krim, wadah container saat menbeli tahu atau pesanan gofood ayam geprek yang bisa kita bersihkan dan dipakai Kembali. Tentunya banyak sekali di zaman sekarang para penjual yang menggunakan wadah-wadah container berbahan dasar plastik yang bisa kita manfaatkan Kembali sebagai wadah penyimpanan untuk menaruh sayuran dan lainnya dalam kulkas.

Untuk hal ini diperlukan wadah yang masih laik pakai ya guys, dan tentunya juga yang penutupnya kokoh dan belum rusak. Karena jangan sampai kita sudah menyimpannya rapih-rapih tapi karena penutup atau wadah ada yang terlubangi rusak maka akan merusak kualitas sayur dalam wadah tersebut dikarenakan air dingin yang masuk kedalam wadah melalui lubang tersebut. Juga perhatikan pula apakah wadah tersebut aman untuk makanan, bisa di cek ada tulisan bebas BPO ya guys. Nah bila ingin membeli sebaiknya online ya guys biar lebih murah, seperti membeli di tokopedia saya selalu langganan untuk kontainer-kontainer kulkas ini.

2. Siapkan Kertas polos bersih

Siapkan Kertas Polos Bersih

Nah untuk yang satu ini special sebagai alas wadah sebelum dimasukkan ke dalam container. Juga ditambah  kertas yang berfungsi sebagai penutup pula. Dimana kertas ini dibentuk pola mengikuti ukuran wadah lantas kita alasi dan tutup dengan kertas tersebut. Ditujukan agar uap dingin yang tentunya berubah mengembun menjadi cairan dingin pasti akan tetap masuk kedalam container.

Nah butiran-butiran embun yang sudah mencair ini tentunya dikhawatirkan akan mengenai langsung sayuran. Oleh karena itu dengan adanya lapisan kertas di alas wadahnya dan juga di atasnya yang sebagai penutup sebelum ditutup maka diharapkan agar embun cairan dingin kulkas tersebut dapat mengenai kertas terlebih dahulu, sehingga tidak merusak langsung sayuran. Dan hal ini dapat kita cek tiga hari sekali agar mengganti kertas alas dan penutup tersebut.

3. Jangan mencuci sayuran

Jangan Mencuci Sayuran

Ini hal yang krusial sekali guys untuk urusan persayuran, khususnya dalam hal penyimpanannya di kulkas. Bila kita mencucinya terlebih dahulu lantas disimpan di dalam kulkas meski diwadahi dan diberi kertas sebagai lapisan, tetap saja hal tersebut akan mempercepat proses pembusukan.

Note : Meski kita sudah mengelapnya Kembali dengan tissue sehabis di cuci tetap akan membuat penyimpanan yang baik tidak maksimal. Aku pernah mengalaminya, sehingga sebaiknya hindari sama sekali mencuci sayuran meski kita akan mengelapnya kemudian.

Adakalanya beberapa sayuran seperti daun seledri yang masih ada tanahnya di bagian akarnya memerlukan pembersihan, maka sebisa mungkin jangan mencucinya namun bersihkan saja tanah-tanah disekitar akar denga tisu kering. Baru kemudian dimasukkan ke dalam wadah yang telah dilapisi kertas sebelumnya.

4. Potong-potong sayuran

Potong-potong Sayuran

Sebelum menaruhnya dalam wadah sayuran maka sayuran kita potong-potong. Selain meringankan kelak jika akan memasak dimana tak perlu lagi memotong-motong, dan meringankan memasak agar gak kejadian sepertinini guys terkena minyak panas saat memasak karena ribet dan Lelah. Dengan memotong-motong sayuran hal tersebut juga akan membuat wadah penyimpan menjadi muat lebih banyak dan lenih baik, tidak ada celah yang tidak terpakai. Seperti misalnya kangkung, bayam akan memudahkan ketika akan memasaknya nanti.

Sawi hijau yang harus di tarik satu persatu agar tidak bentuk bongkolan, begitu juga dengan daun kol yang sebaiknya jangan bulat-bulat ditaruhnya. Juga dengan buncis dan kacangpanjang. Untuk wortel dan jagung maka dengan kita memotongnya akan lebih memaksimalkan tempat dalam wadah container. Meski tak perlu memotongnya kecil-kecil, namun cukup agar muat masuk proposrsional dalam wadah.

Khusus untuk sayuran sebenarnya lebih baik dicuci baru lah dipotong-potong, mengapa demikian? Karena dikhawatirkan jika memotongnya terlebih dahulu akan membuat sari-sari vitamin ikut tercuci dan banyak yang hilang melalui celah potongan tersebut. Seperti kangkung dan bayam misalnya. Namun dalam hal penyimpanan di dalam kulkas kita memilih pilihan untuk memotong-motongnya terlebih dahulu. Namun untuk mencegah vitamin tidak banyak yang hilang maka jangan mencucinya terlalu keras dan jangan terlalu lama. Cuci secukupnya dengan patokan bersih dari kotoran berwarna.

5. Buang bagian busuk sayuran

Buang Bagian Busuk Sayuran

Kita akan menemuinya pada sayuran buncis dan kacangpanjang serta wortel. Nah jangan sampai kita membiarkan bagian tersebut. Sebelum dimasukkan kedalam container kita harus cek ricek bagian busuk ini. Karena akan sangat mudah sekali menulari sayuran alinnya yang tidak busuk. Setelah kita mengiris atau membuang bagian busuknya barulah aman untuk dijadikan satu dengan sayuran lain yang masih segar. Hal ini sama halnya dengan blog kita yang harusnya sering kita rapihkan bagian-bagian yang kurang enak dilihatnya agar artikel yang lain ga ketularan ikut ga enak dilihat ya guys, nah itu juga resolusiku di tahun 2021membenahi artikel-artikel lama.

6. Spesial penyimpanan cabai dan lainnya.

Spesial Penyimpanan Cabai dan lainnya

Cabai dalam hal ini bagian batang dihilangkan. Lalu kemudian setelah itu diberi tambahan bawang putih yang sudah dikupas sebagai teman dalam menyimpan cabai ini. Adapun gunanya sebagai penetralisir agar tidak cepat busuk. Namun untuk bawang merah, bawang bombai dan juga bawang putih jangan disimpan di kulkas ya guys, keluarga bawang-bawangan cukup disimpan di suhu ruang saja dengan menggunakan wadah yang mengandung ventilasi udara agar angin tetap menjaga kualitas bawang sehingga tidak lembab.

Begitupula kunyit, lengkoas, jahe dan kencur serta jeruk nipis di taruh di suhu ruang saja. Namun untuk daun jeruk, daun salam serta daun serai dapat disimpan di kulkas dengan cara yang sama seperti sayuran. Untuk daging bisa kita simpan di freezer tapi tak memerlukan kertas. Note : untuk daging perlu pakai lapisan kertas ya guys 😊

Untuk telur sebaiknya jangan disimpan di kulkas bila tidak di wadahi terpisah. Karena bakteri dari telur akan merajalela menempel pada yang lainnya terbawa uap dingin di dalam kulkas. Untuk tempe sama penyimpanannya dengan sayur, di lapisi kertas lalu diwadai. Dan untuk tahu tentunya diberi air rendaman tahu. Ada penjual tahu yang sudah menjual tahu dengan wadah container yang berisi air.

Baiklah teman-teman semoga bermanfaat tips-tips di atas dimana cara aman menaruh sayuran dalam kulkas ini pun ada video tutorialnya dalam channel youtube creative family di sini nih guys. Judulnya strategi simpan stok dalam kulkas agar tidak busuk dan bertahan hingga dua minggu. Ok check it out ya 😊 

Dan jangan lupa selalu cek kebersihan kondisi dalam ruangan kulkas ya gus, seperti halnya kita juga cek-cek selalu template blog sebagai rumah artikel kita agar nyaman dilihat. Selamat mengaplikasikannya dalam kulkas masing-masing guys. Wassalamu’alaikum.


 

Maulina Ismaya Dewi
Seorang ibu dari tiga orang anak, dan guru di sekolah yang mencintai dunia literasi. Pembelajar yang terus belajar untuk peningkatan kualitas diri, dan agar bermanfaat bagi sesama dunia akhirat. Berharap menggapai Husnul Khotimah, dan taman surga terindah.

Related Posts

3 komentar

  1. Makasih kak tipsnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Tips yang potong-potong sayuran belum dipraktekin, nih. Kalau tips yang lain udah. Terima kasih tips Mbak Maulina.

    BalasHapus
  3. Waaa iya yah, pake kertas buat ngurangin kelembapan biar gak cepet busuk. Terimakasih informasinya Mba

    BalasHapus

Posting Komentar