Teach Write Learn

 

Merancang Blog Plan Untuk Menyambut 2021

5 komentar

 

Merancang Blog Plan

Assalamualaikum Guys, jumpa lagi di penghujung tahun 2020 nih Guys. Merancang blog plan untuk menyambut 2021, Iam coming 😊. Nah untuk menyambut kehadiran 2021 ini salah satu resolusi menyambut 2021 adalah mempermak rumah blog ku agar nyaman yang tentunya satu paket bahwa di rumah blognya harus di isi oleh konten-konten yang terarah dan terjadwal hingga akan menghasilkan sesuatu yang maksimal dan mengarah kepada peningkatan kualitas ya guys.

Sebelumnya sudah ada artikelnya dalam mempermak rumah blog ku dengan template dari fiksioner. Lalu kemudian sekarang akan dilengkapi dengan mengisi artikel. Diawali membuat Blog plan. Apa itu Blog Plan? Dari resume hasil pembelajaranku di kelas blogspedia, Blog plan adalah rencana yang kita susun untuk membuat konten-konten dalam jangka waktu tertentu, baik tahunan, bulanan, mingguan maupun harian. Tentunya ini juga salah satu syarat menggapai blog impian ya guys.

Adapun maksud dari pembuatan blog plan ini adalah agar kita para blogger lebih teratur dalam masalah isi konten artikel yang dijadwalkan dalam pembuatan konten blog tersebut. Jadi sudah saatnya semua terjadwal dan tidak asal buat dan hanya membuat artikel bila sedang mood saja. Dan setelah terjadwal barulah disusun pula sebuah outline untuk membimbing isi tulisan agar tidak keluar jalur. OK kita urai satu persatu bagaimana blog plan ini akan kita mulai, check it out guys 😊

Jenis-jenis Blog Plan

Jenis-jenis Blog Plan

Merancang blog plan untuk menyambut 2021 maka untuk membuatnya diawali dengan menuliskannya dalam sebuah outline atau kerangka tulisannya terlebih dahulu. Ada beberapa pilihan yang dapat kita lakukan, yaitu :

1.       Blog Plan Manual

Nah untuk yang menyukai corat coret menulis di kertas atau buku tulis, dapat menggunakan cara ini, dan tentunya hal ini sangat mudah dilakuk. Tipe ini disebuat tipe dengan blog plan manual.

2.       Blog Plan Printable

Bagi yang lebih menyukai bentuk-bentuk tulisan yang terpampang dalam mading kamar atau ruang kerja kita di rumah, maka bisa menggunakan tipe printable. Dimana tipe ini dengan cara mengeprint contog-contoh beragam latar blog plan yang banayk tersedia di website penyedia layanan gratis gambar-gambar tersebut, seperti canva, poster my wall, atau di pinterest. Lalu kertas print iut tersebut kita jadikan dasar untuk kita buatkan rencana-rencana untuk konten blog kita.

3.       Blog Plan Digital

Dan yang ketiga adalah untuk yang tidak suka ribet-ribet menulis di atas kertas bisa menggunakan blog plan versi digital. Dapat menggunakan word dengan tabelnya, dengan excel ataupun bisa juga melalui canva tanpa harus di printout namun disimpan dalam drive agar bisa terkoneksi di hp Ketika tidak menggunakan laptop.

Blog Plan-ku di 2021

Blog Planku Tahun 2021

Setiap dari kita pastinya mempunya resolusi tersendiri yang bernilai special dalam menyambut tahun baru. Nah untuk menyambut 2021 blog planku akan memberi warna tersendiri dalam kehidupanku dimana blog ku ini pastinya harus sebagai motivator untuk kegiatan menulis ku.

Berharap di tahun 2021 ini menjadi sebuah awal keberanian untuk membuktikan diri di dunia tulis menulis dalam media blog ini. Yakin akan manfaat yang snagat elegan dari setiap tulisan yang akan kita upload. Hingga kelak kita meninggalkan dunia ini pun akan tetap menjadi sebuah pesan tersendiri kepada khalayak jiaklau kualitas blog serta pesan dan manfaat positif hadir dalah ruh blog kita.

Baiklah inilah Blog Plan ku di tahun 2021 :

- Menjadi blogger pembelajar dengan terus belajar tanpa henti

- Kontuinitas menjalani upload artikel one day one upload

- Blog sebagai penunjang tugas utama sebagai pengajar, teacher blogger

- Konsisten mengisi dua blog yaitu blog umum dan blog pembelajaran yang telah sebelumnya dibuat. Ini blog pembelajaranku ada dalam google site ini guys. Dan cara masuk ke blog pembelajarannya ada tutorialnya dalam video di bawah ini guys.

- Memperbaiki konten-konten terdahulu yang jauh dari SEO dan beragam kesalahan lainnya. Nah untuk SEO dan printilannya ada di sini nih guys dimana SEO ini sebagai pedoman.

Blog Plan Mingguan

Blog planku secara garis besar seperti di atas. Namun tentunya dapat kita pecah secara lebih terperinci dengan lebih detail menjadi rencana dalam bentuk harian, mingguan, bulanan atau bahkan tahunan sekaligus. Di sini aku akan membuat rencana blog mingguan yang akan mulai start di penghujung desember sampai ke awal januari tahun 2021, ok Check it out guys 😊

Blog Plan Mingguan

28 Desember : Niche memasak, topik cara aman menaruh sayuran dalam kulkas

29 Desember : Niche Review Buku, topik Ubah Lelah jadi Lillah

30 Desember, Review Film, tema Narnia

31 Desember, niche Humaniora, Tema tahun baru

1 Januari, niche Pendidikan, topik webinar persiapan RPP satu halaman

2 Januari, niche blogspedia, topik Blogspedia coaching batch 1

Blog Plan Mingguan

Saat ini aku membuat blog plan dengan semua tipe. Mulai dari mengetikkannya pada word terlebih dahulu. Lalu mengcopy dari word kepada pilihan gambar di canva dan juga menyimpannya. Dan yang terakhir aku akan print canva blog plan ku itu yang kemudian akan ditempel pada madding kamar dari sterofoam dengan warna-warni yang indah yang membuat mata yang melihatnay ingin sekali membaca apa gerangan yang ada di tempelan madding kamarku tersebut.

Demikian blog planku menyambut 2021. Dimana untuk merancang blog plan ku di tahun 2021 ini memerlukan kerja nyata dalam pengaplikasian jadwal yang sudah direncanakan tersebut. Dan dari ketiga tipe tersebut meski aku membuat semua tipenya namun tentunya ada satu yang berkenan di hati yaitu aku lebih suka memilih yang print table dan saya tempel di madding kamar. Tentunya agar setiap bangun tidur langsung semangat memulai hari Ketika melihatnya menempel indah di dinding mading kamarku. Ok guys selamat mencoba blog plan nya yaaa.


 

 

Maulina Ismaya Dewi
Seorang ibu dari tiga orang anak, dan guru di sekolah yang mencintai dunia literasi. Pembelajar yang terus belajar untuk peningkatan kualitas diri, dan agar bermanfaat bagi sesama dunia akhirat. Berharap menggapai Husnul Khotimah, dan taman surga terindah.

Related Posts

5 komentar

  1. Saya mau nunggu tulisan tgl 31, Humaniora. Kayaknya seru, nih, kepingin baca.

    BalasHapus
  2. Wah saya penggemar Narnia, akan jadi hiburan seru kayanya akhir tahun baca reviewnya di sini.
    by the way alhamdulillah fiksioner-nya sudah kembali ya teh, tinggal ngerapihin aja kayanya setelah kemarin terkena badai ya. hehe. Good luck

    BalasHapus
  3. Aku penasaran review bukunya mba, ditunggu :)

    BalasHapus
  4. Cara aman naruh sayuran di kulkas bakalan bermanfaat banget buat saya. Ditunggu post terbarunya mba :)

    BalasHapus
  5. Meriah, warna tahun baru sudah di depan mata rasanya baca artikel ini.

    BalasHapus

Posting Komentar